Diperbarui tanggal 29/Des/2021

Gaya Belajar Accomodator

kategori Belajar dan Pembelajaran / tanggal diterbitkan 29 Desember 2021 / dikunjungi: 2.19rb kali

Pengertian Gaya Belajar Accomodator

Gaya belajar accomodator adalah gaya belajar berdasarkan Teori David Kolb. Gaya belajar accomodator merupakan kombinasi dari perasaan (pengalaman konkrit) dan tindakan (eksperimen aktif) atau dengan kata lain kombinasi antara merasakan (feeling) dengan berbuat (doing). Individu dengan tipe accomodator senang mengaplikasikan materi pelajaran dalam berbagai situasi baru untuk memecahkan berbagai masalah nyata yang dihadapinya. Kelebihan individu dengan tipe ini adalah memiliki kemampuan belajar yang baik dari hasil pengalaman nyata yang dilakukannya sendiri dan memiliki keunggulan untuk belajar dari pengalaman langsung. Seseorang lebih menyukai mendapatkan informasi dari feeling dan memprosesnya dengan cara mempraktikkan atau melakukannya.

Mereka suka membuat rencana dan melibatkan dirinya dalam berbagai pengalaman baru dan menantang. Mereka cenderung untuk bertindak berdasarkan intuisi atau dorongan hati dari pada berdasarkan analisis logis. Bila ada teori yang tidak sesuai dengan fakta cenderung untuk mengabaikannya. Peran dan fungsi guru dalam berhadapan dengan siswa tipe ini adalah berusaha menghadapkan siswa pada “open-ended questions”, memaksimalkan kesempatan siswa untuk mempelajari dan menggali sesuatu sesuai pilihannya. Penggunaan Metode Problem-Based Learning tampaknya sangat cocok untuk siswa tipe yang keempat ini.

Menurut Kolb dalam bukunya Learning Style Inventory, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari individu accomodator. Beberapa kelebihan individu dengan gaya belajar accomodator ini yaitu:

  1. bertanggung jawab dalam penyelesaian tugas;
  2. pandai dalam mengambil kesempatan;
  3. bijak dalam mengambil resiko.

Adapun kekurangan individu dengan gaya belajar accomodator ini yaitu:

  1. terlalu banyak kegiatan menjadi tidak berarti;
  2. pekerjaan tidak selesai pada waktunya;
  3. perencanaan tidak praktis.