UPDATE TERBARU

24/05/2022
kategori: Pendidikan Anak Usia Dini

Pengertian Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah suatu kecerdasan yang melibatkan fisik ataupun tubuh dimana saat menggunakannya seseorang mampu atau terampil dalam melakukan gerakan tubuhnya. Kecerdasan kinestetik sangat perlu ditingkatkan karena kecerdasan ini sangat berkaitan dengan kemampuan menggunakan seluruh anggota tubuh untuk mengekspresikan suatu ide atau gagasan melalui suatu gerakan. Untuk jelasnya dapat kita lihat penjelasan dibawah ini. Gardner dalam Tadkiroatun Musfiroh (2012:1.16) berpendapat bahwa Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek. Seseorang yang optimal dalam kecerdasan ini cenderung menyukai dan efektif dalam hal mengekspresikan dalam mimic atau gaya, atletik, menari dan menata gerak tari; kuat dan terampil dalam motorik halus, koordinasi tangan dan mata, motorik kasar dan daya tahan. Mereka juga mudah belajar dengan melakukan, mudah memanipulasikan benda-benda (dengan tangannya), membuat gerak-gerik yang anggun, pandai menggunakan bahasa tubuh. Baca Selanjutnya

24/05/2022
kategori: Pendidikan Anak Usia Dini

Pengertian Bermain

Bermain merupakan kebutuhan alamiah anak usia dini.selain sebagai aktivitas bersenang-senang,bermain juga dimadsudkan untuk belajar anak, karena memang belajarnya anak melalui aktivitas bermain.jadi bermain bagi anak usia dini mempunyai kedudukan yang sangat penting.banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan bermain.oleh karna itu bermain tidak bisa dilepaskan dari anak usia dini.  Bermain adalah “serangkaian kegiatan atau aktifitas anak-anak untuk bersenang-senang. Apapun kegiatanya, selama itu terdapat unsur kesenangan atau kebahagiaan bagi anak usi dini, maka bisa disebut sebagai bermain”. Senada dengan pengertian tersebut dalam kamus besar bahasa indonesia (2008: 857) disebutkan bahwa istilah bermain berasal dari kata dasar main yang berarti melakukan aktifitas atau kegiatan untuk menyenangkan hati. Piaegt dalam Mayesti (1990: 42) “mengatakan bahwa bermain adalah suatu kegiatan berulang-ulang dan menimbulkan kesenangan atau kepuasan bagi diri seseorang”. Baca Selanjutnya

23/05/2022
kategori: Pendidikan Anak Usia Dini

Pengertian Kecerdasan Logika Matematika

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dalam tingkat dan indikator yang beda. Hal ini menunjukkan bahwa setiap anak cerdas. Perbedaan ini terletak pada setiap indikator kecerdasannya. Pendidik yang baik mampu mengenali kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak didiknya. Oleh karena itu, setiap pendidik anak usia dini dapat mengetahui dan menstimulasi dengan cara mengembangkan kecerdasan anak. Potensi kecerdasan itu dapat dikenal sejak awal kehidupan, bahkan mungkin pada masa bayi. Pada saat itu, kekuatan dan kelemahan intelektual akan muncul paling mudah, jika individu diberi kesempatan untuk belajar mengenali pola-pola tertentu dan diuji pada kapasitas mereka. Baca Selanjutnya