UPDATE TERBARU

16/08/2022
kategori: Flora dan Fauna

Perepat (Sonneratia alba)

Sonneratia alba merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove yang termasuk kedalam famili Sonneratiaceae. Mangrove jenis S. alba memiliki nama lokal seperti perepat, pedada, pidada, bogem, bidada, posi-posi, wahat, putih, beropak, bangka, susup, kedada, muntu, sopo, barapak, pupat, mange-mange (Noor dkk, 2006:128). Tumbuhan perepat ini umumnya tumbuh di pantai-pantai teluk yang dangkal, rendah, tenang, berlumpur serta mendapat pengaruh pasang surut air laut (Rahim dan Baderan, 2017:1). Klasifikasi tumbuhan perepat menurut Tjitrosoepomo (2002:214) dan Puspayanti dkk, (2013:3) adalah sebagai berikut: Baca Selanjutnya

12/08/2022
kategori: Metode Pembelajaran / dikunjungi: 298 kali

Pengertian Mind Mapping

Salah satu metode pembelajaran yang telah terbukti mampu mengoptimalkan hasil belajar adalah metode peta pikiran atau disebut mind mapping. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Bunzan pada awal 1970-an yaitu, seorang ahli dan penulis produktif di bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri. Buzan (2008) menyatakan bahwa mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara hafiah yang akan memetakan pikiran. Mind mapping atau peta pikiran adalah sebuah diagram yang digunakan untuk mempersentasikan kata-kata, ide-ide (pikiran), tugas-tugas atau hal-hal lain yang dihubungkan dari ide pokok otak. Peta pikiran juga digunakan untuk menggeneralisasikan, menvisualisasikan serta mengklasifikasikan ide-ide dan sebagai bantuan dalam belajar, berorganisasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan serta dalam menulis. Menurut DePorter (2010) menyatakan bahwa peta pikiran adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnya untuk terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak, peta pikiran ini juga digunakan untuk menata dan menghubungkan apa yang ingin kita tuliskan. Baca Selanjutnya

12/08/2022
kategori: Pendekatan Pembelajaran

Pengertian Pendekatan Joyfull Learning

Pendekatan Joyfull Learning adalah suatu proses pendekatan pengajaran yang membuat kelas jadi menyenangkan, tidak monoton. Joyfull Learning yaitu pendekatan yang dapat membuat siswa memiliki motivasi untuk terus mencari tahu dan terus belajar (Pramesthi, 2015: 205). Menurut E. Mulyasa (2006: 191-194), pembelajaran menyenagkan Joyfull Learning adalah suatu proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat sebuah kohesi yang kuat antara pendidik dan peserta didik, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan (not under pressure). Dengan kata lain, pembelajaran menyenangkan adalah adanya pola hubungan yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Joyfull learning berasal dari kata Joyfull yang berarti menyenangkan, Sedangkan learning adalah pembelajaran. Dave Meier menyatakan bahwa belajar menyenangkan (Joyful learning) adalah “sistem pembelajaran yang berusaha untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman, nilai yang membahagiakan pada diri siswa. Pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) bukan semata-mata pembelajaran yang mengharuskan anak-anak untuk tertawa terbahak-bahak, melainkan sebuah pembelajaran yang di dalamnya terdapat kohesi yang kuat antara guru dan murid dalam suasana yang sama sekali tidak ada tekanan. Yang ada hanyalah jalinan komunikasi yang saling mendukung (Meier 2005: 38). Baca Selanjutnya