UPDATE TERBARU

20/01/2022
kategori: Flora dan Fauna

Kupu-kupu merupakan serangga yang memiliki ciri-ciri yaitu terdiri dari antenna berukuran agak panjang. Tipe mulut pada tahap larva yaitu penggigit pengunyah sementara pada saat dewasa menjadi penghisap. Ukuran tubuh serangga ini pun beragam, ada yang kecil sampai besar. Sayap tersebut terdiri dari dua pasang dan tertutup sisik (Lilies,1991:23). Van Hoeve (2003:105) menyatakan sisik-sisik ini mengandung pigmen yang menghasilkan warna dan pola-pola yang sering membuat kupu-kupu bersifat mencolok. Bagian mulut pada fase dewasa tampak seperti bentuk belalai, yaitu berupa pembuluh untuk menghisap cairan seperti madu pada bunga. Apabila belalai tersebut tidak sedang digunakan, maka akan tergulung di bawah kepala kupu-kupu seperti per atau pegas arloji.

kupu-kupuKupu-kupu

Menurut Abang (2006:6) Kupu-kupu memiliki struktur tubuh yang terdiri dari tiga bagian tubuh atau segmen (disebut juga sebagai tagma) yaitu caput, toraks, dan abdomen. Baca Selanjutnya

19/01/2022
kategori: Flora dan Fauna

Kopi tergolong pohon dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Tumbuhan ini tumbuhnya tegak, bercabang dan bila dibiarkan tumbuh mencapai 12 m, daunnya bulat telur dengan ujung agak meruncing. Daun tumbuh berhadapan pada batang, cabang dan ranting-rantingnya (Najiyati dan Danarti, 2007:7). Menurut Manastas (2013:22) kopi Liberika berasal dari Angola dan masuk ke Indonesia tahun 1965. Beberapa sifat kopi liberika antara lain sebagai berikut:

  1. Ukuran daun, cabang, bunga, buah dan pohon lebih besar dari kopi Arabika dan kopi Robusta.
  2. Mempunyai cabang primer yang lebih tahan lama serta dalam satu buku menghasilkan bungadan buah lebih dari satu kali.
  3. Agak peka terhadap penyakit HV.
  4. Berbuah sepanjang tahun.
  5. Mempunyai ukuran buah yang tidak seragam.
  6. Tumbuh baik di daerah dataran rendah.

Baca Selanjutnya

18/01/2022
kategori: Flora dan Fauna

Taksonomi Semut

Ordo Hymenoptera dibagi menjadi dua subordo yaitu: Symphyta dan Apocrita (Borror dkk. 1996:629). Semut tergolong dalam Famili Formicidae. Adapun salah satu klasifikasi dari semut sebagai berikut (Shattucks, 1999:9):
Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Famili : Formicidae
Subfamili : Myrmicinae
Genus : Pheidole
Jenis : Pheidole heliosa Baca Selanjutnya