Diperbarui tanggal 17/06/2021

Pengertian Ilmu Pendidikan

Wawasan Kependidikan

author/editor: Edi Elisa / kategori Wawasan Kependidikan / tanggal diterbitkan 17 Juni 2021 / dikunjungi: 21.31rb kali

Tidak ada satupun kegiatan manusia di dunia ini yang lepas dari aktivitas pendidikan, apakah itu pendidikan informal, formal dan nonformal. Dengan kata lain pendidikan itu mencakup seluruh aspek kehidupan sejak manusia pertama hingga manusia modern sekarang ini.

Sejakan anak manusia dilahirkan hingga ke liang lahat (meninggal) semuanya membutuhkasn pendidikan, sekalipun mungkin bukan pendidikan formal tetapi tetap saja dibutuhkan pendidikan informal dan nonformal itu. Manifestasi kegiatan pendidikan itu dapat dilihat melalui kegiatan antara lain seperti kegiatan ekonomi, social, politik, hukum, pertanian, dan lain sebagainya yang menyangkut segenap aspek kehidupan manusia.

Education is most powerfull weapon, we can use to change the world (Pendidikan adalah senjata paling ampuh, yang bisa kita gunakan untuk mengubah dunia) demikian kata yang sangat terkenal dari Nelson Mandela.

Melaui pendidikan manusia akan belajar berbagai maca pengetahuan dimana sumber pokok kekuatan manusia itu sendiri adalah pengetahuan. Disebut demikian karena manusia dengan pengetahuannya mampu melakukan olah-cipta, raga, rasa, dan karsa sehingga manusia mampu bertahan dalam derasnya arus masa yang terus maju dan berkembang. Proses olah-cipta tersebut terlaksana berkat adanya aktivitas yang dinamakan Pendidikan.

Ilmu Pendidikan (Pedagogi) dan Pendidikan (Pedagogik) merupakan dua istilah yang berkaitan. Pedagogi dalam bahasa Yunani berarti paedos yang artinya anak, dan agogos yang artinya membimbing. Sehingga pedagogi diartikan ilmu yang mempelajari tentang pembimbingan (pendidikan) anak, sedangkan pedagogik adalah praktik kependidikannya (Langeveld, 1980).

Ilmu Pendidikan adalah Ilmu yang mempelajari serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (proses, cara, pembuatan mendidik).

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
1. Prof. H. Mahmud Yunus
Pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.

2. Prof. Dr. John Dewey
Pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

3. Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

4. UNESCO
“Education is now engaged is preparinment for a tife Society which does not yet exist” atau bahwa pendidikan itu sekarang adalah untuk mempersiapkan manusia bagi suatu tipe masyarakat yang masih belum ada. Konsep system pendidikan mungkin saja berubah sesuai dengan perkembangan masyarakat dan pengalihan nilai-nilai kebudayaan (transfer of culture value). Konsep pendidikan saat ini tidak dapat dilepaskan dari pendidikan yang harus sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan masa lalu,sekarang,dan masa datang.

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat esensi dalam kehidupan manusia karena pendidikan merupakan suatu usaha normatif manusia dalam rangka mengembangkan harkat dan martabat manusia. Pendidikan juga merupakan sarana utama untuk menyukseskan pembangunan nasional, karena dengan pendidikan diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang dibutuhkan dalam pembangunan. Titik berat pembangunan pendidikan dewasa ini terletak pada peningkatan mutu setiap jenjang dan jenis pendidikan serta perluasan kesempatan belajar. Pendidikan juga merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi dalam upaya meningkatkan taraf hidup suatu bangsa agar tidak sampai menjadi bangsa yang terbelakang dan tertinggal dengan bangsa lain. Pendidikan merupakan kunci dalam meningkatkan kualitas bangsa.