Diperbarui tanggal 22/06/2021

Standar Nasional Pendidikan Indonesia

kategori Wawasan Kependidikan / tanggal diterbitkan 22 Juni 2021 / dikunjungi: 1.35rb kali

Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan terdiri dari :

  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan Pendidikan
  • Standar Penilaian Pendidikan
Fungsi dan Tujuan Standar :
  • Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu
  • Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  • Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global

Daftar Standar Nasional Pendidikan yang telah menjadi Permendiknas :

A. Standar Isi :

Hal-hal yang diatur dalam Standar Isi mencakup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal untuk jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Di dalam Standar Isi terdapat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan.

 
NONomor PermenTentang
1Nomor 22 tahun 2006Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
2Nomor 24 tahun 2006Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang standar Isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah
3Nomor 14 Tahun 2007Standar Isi Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C

 

B. Standar Kompetensi Lulusan :

Pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik menggunakan Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Hal-hal yang diatur dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mencakup standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.

NONomor PermenTentang
1Nomor 23 Tahun 2006Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
2Nomor 24 tahun 2006Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang standar Isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah

 

C. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan :

Tenaga pendidik atau guru harus mempunyai kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat rohani dan jasmani, serta mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pendidik harus memiliki ijazah dan/ atau sertifikat keahlian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik adalah sebagai berikut:

  • Kompetensi pedagogik
  • Kompetensi kepribadian
  • Kompetensi profesional
  • Kompetensi sosial
NONomor PermenTentang
1Nomor 12 Tahun 2007Standar pengawas Sekolah/Madrasah
2Nomor 13 tahun 2007Standar Kepala Sekolah/Madrasah
3Nomor 16 Tahun 2007Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
4Nomor 24 Tahun 2008Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah
5Nomor 25 Tahun 2008Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah
6Nomor 26 Tahun 2008Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah
7Nomor 27 Tahun 2008Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
8Nomor 40 Tahun 2009Standar Penguji Pada Kursus dan Pelatihan
9Nomor 41 Tahun 2009Standar Pembimbing Pada Kursus & Pelatihan
10Nomor 43 Tahun 2009Standar Tenaga Administrasi Program paket A , Paket B, dan Paket C
11Nomor 42 Tahun 2009Standar Pengelola Kursus
12Nomor 44 Tahun 2009Standar Pengelola Pendidikan pada Program Paket A, Paket B dan Paket C
13Nomor 45 Tahun 2009standar Teknisi Sumber Belajar Pada Kursus dan Pelatihan

 

D. Standar Pengelolaan :

Standar Pengelolaan mencakup tiga bagian, yaitu;

  • Standar pengelolaan oleh satuan pendidikan.
  • Standar pengelolaan oleh Pemerintah Daerah.
  • Standar pengelolaan oleh Pemerintah.
NONomor PermenTentang
1Nomor 19 Tahun 2007Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

E. Standar Penilaian :

Beberapa hal yang termasuk di dalam Standar Penilaian Pendidikan diantaranya penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

NONomor PermenTentang
1Nomor 20 Tahun 2007Standar Penilaian Pendidikan
 
F. Standar Sarana Prasaran :

Semua satuan pendidikan harus dilengkapi dengan sarana pendidikan seperti media pendidikan, peralatan pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, perabot, dan perlengkapan lainnya. Semua satuan pendidikan harus dilengkapi dengan prasarana pendidikan seperti lahan, ruang kelas, ruang pendidik, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang perpustakaan, dan prasarana pendukung lainnya.

NONomor PermenTentang
1Nomor 24 Tahun 2007Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA
2Nomor 33 Tahun 2008Standar Sarana dan Prasarana untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB
3Nomor 40 Tahun 2008Standar Sarana dan Prasarana untuk SMK/MAK

 

G. Standar Proses :

Dalam pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk aktif berpartisipasi. Proses belajar-mengajar ini juga memberikan ruang bagi kreativitas, prakarsa, dan kemandirian sesuai dengan minat, bakat, dan perkembangan psikologis/ fisik para peserta didik.

NONomor PermenTentang
1Nomor 41 Tahun 2007Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
2Nomor 1 Tahun 2008Standar Proses Pendidikan Khusus
3Nomor 3 Tahun 2008Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Paket B, dan Paket C

 

H. Standar Biaya :

Beberapa hal yang termasuk di dalam Standar Pembiayaan Pendidikan adalah biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal.

  • Biaya investasi satuan pendidikan mencakup biaya pengadaan prasarana dan sarana pendidikan, modal kerja tetap, dan pengembangan sumber daya manusia.
  • Biaya operasi satuan pendidikan mencakup gaji tenaga pendidik, peralatan pendidikan, biaya pemeliharaan saran dan prasarana, pajak, asuransi, dan lain sebagainya.
  • Biaya personal mencakup biaya pendidikan yang harus dibayar peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar-mengajar.

 

NONomor PermenTentang
1Nomor 69 Tahun 2009Standar Biaya Operasi Nonpersonalia Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)

 

I. Standar Pendidikan Anak Usia Dini :
NONomor PermenTentang
1Nomor 58 Tahun 2009Standar Pendidikan Anak Usia Dini