Diperbarui tanggal 8/06/2021

Pengembangan Kurikulum

author/editor: Edi Elisa / kategori Telaah Kurikulum / tanggal diterbitkan 8 Juni 2021 / dikunjungi: 5.13rb kali

Pengembangan kurikulum mempunyai makna yang cukup luas, menurut Sukmadinata (2001:1), pengembangan kurikulum bisa berarti penyususnan kurikulum yang sama sekali baru (Curriculum Construction) bisa juga menyempurnakan kurikulum yang sudah ada (Curriculum Improvement). Pada satu sisi beliau juga menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum berarti menyusun seluruh perangkat kurikulum mulai dari dasar-dasar kurikulum, struktur dan sebaran mata pelajaran, garis-garis besar program pengajaran, sampai dengan pedoman-pedoman pelaksanaan (Macro curriculum). Pada sisi lainya berkenaan dengan penjabaran kurikulum yang telah disusun oleh tim pusat menjadi rencana dan persiapan- persiapan mengajar yang lebih khusus, yang dikerjakan oleh guru- guru di sekolah, seperti penyusunan rencana tahunan, semester, satuan pelajaran dan lain- lain (Micro Curriculum).

Pengembangan kurikulum (Curiculum depeloment/curiculum planning/curriculum design) adalah perencanaan kesempatan-kesempatan belajar yang ditujukan untuk membawa siswa kearah perubahan-perubahan yang diinginkan dan menilai perubahan-perubahan itu telah terjadi pada diri siswa. Dalam hal ini pengembangan kurikulum adalah suatu proses siklus yang tidak pernah ada titik awal dan akhirnya, sebab pengembangan kurikulum ini merupakan suatu proses yang bertumpu pada unsur-unsur dalam kurikulum, yang didalamnya meliputi tujuan, metode dan material, penilaian dan balikan (feedback). Tujuan menggambarkan semua pengetahuan dan pertimbangan tujuan- tujuan pembelajaran, baik berhubungan dengan mata pelajaran maupun kurikulum secara keseluruhan.