Diperbarui tanggal 16/Des/2022

Teori Real Options (Real Options Theory)

kategori Ekonomi dan Keuangan / tanggal diterbitkan 16 Desember 2022 / dikunjungi: 1.46rb kali

Istilah real options mulai diperkenalkan oleh Stewart Myers pada tahun 1977 dengan cara mengobservasi dan mengaplikasikan teori option pricing dalam keputusan investasi. Real options merupakan pendekatan sistematis dan solusi terintegrasi yang menggabungkan teori finansial, analisis ekonomi, ilmu manajemen, teori keputusan, statistik, pemodelan ekonomi, dan teori opsi dalam melakukan penilaian terhadap asset non financial, dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan memiliki ketidakpastian, dimana keputusan-keputusan bisnis bersifat fleksibel dalam konteks pengambilan keputusan investasi strategis dan dalam menilai kesempatan investasi dan pembiayaan modal. Real option merupakan suatu model yang dapat menguraikan nilai suatu perusahaan dalam ketidakpastian dan mengatur fleksibilitas strategi investasinya.

Real option adalah suatu model dengan pendekatan teori opsi yaitu model Black-Scholes, sehingga dengan pendekatan ini akan sangat berguna dalam penentuan strategi bisnis dan investasi di masa mendatang. Teori real options menarik bagi kalangan industri nonkeuangan karena kemampuannya dalam mempertimbangkan fleksibilitas manajemen dalam menunda, merevisi investasi, dan melakukan strategi operasi seiring dengan terpecahkannya tingkat ketidakpastian suatu investasi. Aplikasi teori ini dalam industri non-keuangan dikenal dengan nama real options?

Real options merupakan alat yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian terhadap proyek investasi yg memiliki opsi-opsi yang timbul karena adanya ketidakpastian dalam variabel-variabel pembentuk nilai investasi tersebut sehingga diperoleh nilai yang optimal untuk waktu yang berbeda di masa yang akan datang, dengan penilaian dititikberatkan pada fleksibilitas dari investasi tersebut. Real options merupakan hak yang diberikan kepada pemilik atau pemegangnya (option buyer dan option holders ) untuk mengambil suatu tindakan terbaik dari berbagai alternatif peluang investasi berlangsung di masa mendatang.

Keputusan yang bersifat kondisional merupakan bagian yang melekat dalam real options. Teori real options digunakan untuk membangun model empiris mengenai pengaruh persistence current operating accrual dan persistence non-current operating accrual terhadap volatilitas idiosinkratik dalam model empat faktor. Real options digunakan dalam hubungan persistensi akrual dan volatilitas idiosinkratik dalam model empat faktor untuk memahami perilaku investasi perusahaan pada dinamika industri dan kebijakan pemerintah, serta kandungan informasi akrual terhadap volatilitas idiosinkratik dalam model empat faktor. Volatilitas idiosinkratik dalam model empat faktor dalam penelitian ini dapat dipengaruhi oleh kebijakan keuangan, faktor karakteristik perusahaan, kebijakan pendanaan perusahaan, dan aktivitas operasi perusahaan sehingga shortterm accruals berpengaruh terhadap risiko atau volatilitas idiosinkratik dalam model empat faktor.