Diperbarui tanggal 15/07/2016

Pengertian HTML

kategori Pemrograman Umum / tanggal diterbitkan 15 Juli 2016 / dikunjungi: 10.08rb kali

HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah  browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII  sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Pada saat HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium  (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM yang diketuai oleh  Berners-lee robert ketika bekerja di CERN pada tahun 1989.


Sejarah pembuatan HTML diawali pada tahun 1980, dimana IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. Kemudian IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.


Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen. ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Selain itu SGML terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML. Berikut adalah contoh dokumen sederhana HTML:

<html>
<head>
<title>HyperText Markup Language </title>
	</head>
<body>
<p> <i>HyperText Markup Language</i> (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah  <i> browser web</i></p>
</body>
</html>