Diperbarui tanggal 29/01/2022

Aplikasi Berbasis Web

author/editor: Edi Elisa / kategori Pemrograman Umum / tanggal diterbitkan 15 Juli 2016 / dikunjungi: 10.80rb kali

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web merupakan sebuah program atau perangkat lunak yang di akses melalui internet dengan menggunakan web browser. Elniema (2008) menyatakan bahwa “Web based application is an application deployed on a web server, which users connect to it through the internet”. Pada awalnya aplikasi web dibangun dengan hanya menggunakan bahasa markah yang disebut HTML (Hyper Text Markup Langauge). Pada perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML seperti PHP dan ASP pada skrip dan Apllet pada objek.


Beberapa kemudahan dan keuntungan menggunakan aplikasi berbasis web yaitu:

  1. Bisa diakses dari mana saja tanpa perlu menginstal karena aplikasi telah terpasang di server.
  2. Multi platform atau bisa digunakan pada sistem operasi apapun baik menggunakan sistem operasi Linux, Windows atau Mac OS, yang terpenting pada komputer tersebut telah terpasang web browser dan terhubung ke internet.
  3. Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), telah menjadi tanggung jawab dari penyedia aplikasi web sehingga pengguna tidak memerlukan lagi.
  4. Dapat diakses melalui banyak media seperti : computer, tab dan handphone yang sudah sesuai dengan standar WAP.

Aplikasi web dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu aplikasi web statis dan dinamis. Web statis dibentuk dengan menggunakan HTML. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus menerus untuk mengikuti setiap perkembangan yang terjadi. Kelemahan ini diatasi oleh model aplikasi web dinamis. Pada aplikasi web dinamis, perubahan informasi dalam halaman web dilakukan tanpa perubahan program tetapi melalui perubahan data. Sebagai implementasi, aplikasi web dapat dikoneksikan ke basis data sehingga perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator dan tidak menjadi tanggung jawab dari webmaster. Arsitektur aplikasi web meliputi klien, web server, middleware dan basis data. Klien berinteraksi dengan web server. Secara internal, web server berkomunikasi dengan middleware dan middleware yang berkomunikasi dengan basis data. Contoh middleware adalah PHP dan ASP. Pada mekanisme aplikasi web dinamis, terjadi tambahan proses yaitu server menerjemahkan kode PHP ataupun ASP menjadi kode HTML. Kode PHP diterjemahkan oleh mesin PHP yang akan diterima oleh klien melalui sebuah perangkat komputer.