Diperbarui tanggal 5/07/2016

Sejarah Linux Bagian 1

kategori Linux / tanggal diterbitkan 5 Juli 2016 / dikunjungi: 1.73rb kali

Istilah linux mulai dikenal oleh kalangan pemakai internet pada tahun 1991. Pada saat itu kehadiran linux masih belum banyak menarik perhatian orang. Namun saat ini pertumbuhan linux begitu pesat dengan banyaknya bermunculan distro-distro linux yang baru.

Jika kita berbicara mengenai sejarah linux tentunya tidak akan terlepas dari sejarah perkembangan unix yang menjadi cikal bakal linux. Unik merupakan salah satu sistem operasi multitasking yang dapat digunakan utnuk server internet.

Pada tahun 1965, Unix mulai dikembangkan oleh para ahli Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT&T bekerjasama dengan MIT dan General Electric yang memulai sebuah proyek untuk menghasilkan sistem operasi yang diberi nama Multics. Multics didesain untuk memiliki beberapa keunggulan, seperti: multiuser, multiprosesor, dan hierarchical directoroy structure.

Pada tahun 1969, AT&T menghentinkan proyek pembuatan Multics dikarenakan Multics dianggap sudah tidak sesuai dengan harapan. Multics dianggap sebagai produk gagal dan banyak mengandung, bugs serta sulit untuk dioperasikan.

Beberapa programer Bell Labs yang terlibat dalam pembuatan Multics, yaitu Ken Mcllroy, Dennis Ritchie, Rudd Canaday, dan Doug Mcllroy, secara tidak resmi melanjutkan pembuatan generasi baru Multics disela-sela jam kerja. Akhirnya pada tahun Januari 1970, lahirlah sebuah sistem operasi baru yang diberi nama Unix. Nama Unix diberikan oleh Brian Kernighan untuk memberikan penegasan bahwa Unix bukanlah Multics. Unix memiliki ciri khas dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh Multics

Pada tahun 1971, Unix dapat berjalan pada komputer PDP-11 yang memiliki memori 16 Kbyte dan sebuak disk berukuran 512 Kbyte. Pada saat itu source code Unix masih ditulis dalam bahasa mesin (assembler). Kemudian pada tahun 1973, source code Unix ditulis ulang kedalam bahasa C yang dibuat oleh Dennis Ritchie.

Setahun kemudian, Thompson dan Ritchie mempublikasikan sebuah paper tentang Unix yang mendapat respon luar biasa dari lingkungan perguruan tinggi. Unix menjadi sistem operasi favorit bagi perguruan tinggi.

Linux atau GNU/Linux merupakan sistem operasi yang cara kerjanya maupun stylenya mirip dengan Unix. Linux dibuat oleh seorang mahasiswa dari Universitas Helsinki di Finlandia bernama Linus Torvalds. Linus terinspirasi membuat sistem operasi yang mirip dengan Minix, yaitu Varian dari Unix yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum untuk keperluan pendidikan dan pengajaran. Linus mengembangkan sistem operasi untuk IBM PC kompatibel pada bulan Agustus 1991. Sistem Operasi buatannya kemudian diberi nomor versi 0.01.

Pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan versi linux 0.02 di Internet. Pada saat itu Linux hanya dapat menjalankan shell Bash. Linux dipublikasikan dengan lengkap dengan source code-nya yang disambut antusias oleh programer dab pengguna internet. Sejak saat dimulailah proyek pengembangan linux yang melibatkan banyak programmer di seluruh dunia.