Diperbarui tanggal 13/01/2022

Pengertian Metode Pembelajaran

kategori Strategi Belajar Mengajar / tanggal diterbitkan 30 Mei 2021 / dikunjungi: 7.33rb kali

Menurut Suyono (2014:19) Metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Pengertian seluruh perencanaan itu jika dikaitkan dengan konsep yang berkembang ini meliputi standar kompetisi (SK), Kompetisi dasar (KD), indikator, tujuan pembelajaran, persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta media pembelajaran, sumber pembelajaran yang terkait sampai dengan penilaian pembelajaran.

Menurut Ngalimun (2012:9) metode diartikan sebagai cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kaitannya dengan pembelajaran metode didefenisikan sebagai cara-cara menyajikan bahan pelajaran pada peserta didik untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Yamin (2013:8) metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi intruksional, dimana metode intruksional berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh dan memberi latihan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu.

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya. Dengan adanya cara ini maka diharapkan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa mempelajari metode pembelajaran. Hal itu sangat perlu dilakukan guna membuat murid menjadi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. Bahkan dengan cara yang tepat dapat membuat murid tidak gampang merasa jenuh atau bosan di dalam kelas.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh guru dalam menjalankan fungsinya dan merupakan alat supaya pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal.

Contoh-contoh Metode Pembelajaran

  • Metode Ceramah (Preaching Method)
  • Metode diskusi ( Discussion method )
  • Metode demontrasi ( Demonstration method )
  • Metode percobaan ( Experimental method )