Diperbarui tanggal 6/Nov/2022

Teks Prosedur

kategori Bahasa dan Sastra Indonesia / tanggal diterbitkan 6 November 2022 / dikunjungi: 851 kali

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang berisi tujuan dan langkah-langkah yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan, (kemendikbud, 2013). Langkah-langkah tersebut biasanya tidak bisa dibolak-balik. Saat pemelajaran teks prosedur, siswa mengeksplorasi bahasa dalam bentuk prosedur yang akan digunakan untuk dapat mengikuti segala proses dalam kehidupan masyarakat. Menurut Mahsun (2014:30) teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk memberikan pengarahan atau pengejaran tentang langkah-langkah sesuatu yang telah ditentukan. Teks prosedur berisi suatu pengamatan ataupun percobaan, lebih lanjut Mahsun menjelaskan bahwa teks prosedut memiliki struktur berpikir: judul, tujuan, daftar bahan, urutan tahapan pelaksanaan, pengematan, simpulan.

Menurut Priyanti, (2014:87) teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk atau dengan menggunakan suatu dengan langka-langkah yang urut. Sejalan dengan pendapat Priyanti, (2014:87), Kosasih (2017:67) menyampaikan bahwa teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas dan terperinci tentang cara melakukan sesuatu. Dari beberapa pendapat tentang pengertian teks prosedur di atas, dapat disimpulkan bahwa teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang menjelaskan tujuan dan langkah-langkah pembuatan atau atau cara kerja sesuatu secara urut, lengkap, jelas, dan terperinci. Teks prosedur yang baik adalah teks prosedur yang dapat menguraikan secara jelas langkah-langkah pembuatan atau penggunan secara runtun dan komunikatif, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca hanya dengan sekali membaca teks prosedur tersebut.

Fungsi Teks Prosedur

Berdasarkan fungsinya, teks prosedur tergolong dalam teks paparan. Teks tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang tata cara melakukan sesuatu dengan sejelas-jelasnya, Kosasih (2017:67). Keberadaan teks semacam ini sangat diperlikan oleh seseorang yang akan mempergunakan sesuatu benda atau melalukan kegiatan yang belum jelas cara penggunaannya. Misalnya saja apabila suatu saat kita membeli alat yang baru dan kita belum tahu cara mengoperasikannya, teks prosedur dapar membantu kita untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengoprasikan alat tersebut. Jika tidak terdapat teks prosedur bisa saja kita merusak alat tersebut karena telah asal-asalan menggunakan suatu alat produk tertentu.

Adanya teks prosedur memungkinkan kita dapat menggunakan alat dengan benar tanpa merusak alat itu sendiri. Tidak hanya berkenaan dengan penggunaan alat, dapat pula berisi cara-cara melakukan aktivitas tertentu dan kebiasaan hidup, misalnya cara belajar yang baik, cara berpidato, cara menulis yang baik, cara hidup sehat dan sebagainya. Selaras dengan pendapar diatas, dapat disimpulkan bahawa fungsi teks prosedur yaitu sebagai sebuah petunjuk penggunaan atau pembuatan suatu produk secara jelas dan terperinci sehingga semudahkan seseorang untuk melalukan sesuatu hal sesuai dengan informasi yang terdapat dalam isi teks prosedur tersebut. Fungsi teks prosedur tidak hanya petunjuk pengunaan atau pembuatan sesuatu, tetapi juga dapat berisi informasi tips atau trik melakukan sesuatu.

Struktur Teks Prosedur

Sebuah teks yang baik memiliki struktur teks yang dapat sesuai dengan kaidahnya. Setiap jenis teks pasti memiliki struktur pembangun teks yang berbeda-beda. Kosasih (2017:68), menjelaskan bahwa struktur teks prosedur memiliki struktur pada umumnya, yaitu; pendahuluan (tujuan), langkah-langkah pembahasan, dan penutup. Secara rinci dapat dijelaskan secara berikut.

  1. Tujuan berisi pengantar berkaitan dengan petunjuk yang akan dikemukakan pada bagian pembahasan
  2. Langkah-langkah pembahasan diisi dengna petunjuk pengerjaan sesuatu yang disusun secara sistematis. Pada umumnya, penyusunan mengikuti urutan waktu dab bersifat kronologis.
  3. Penutup diisi dengan kalimat-kalimat yang seperlunya, tidak berupa kesimpulan.

Kaidah Teks Prosedur

Teks proseduryang baik memiliki ciri sesuai dengan kaidah atau aturan yang dimiliki teks prosedur. Menurut Kosasih (2017:71), bebarapa kaidah yang berlaku pada teks prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Teks prosedur banyak menggunakan kalimat perintah
  2. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaina kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan
  3. Banyak mengunakan konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan urutan waktu kegiatan
  4. Kadang-kadang mengunakan kata-kata yang menyatakan urutan langkah kegiatan
  5. Banyak mengunakan keterangan cara
  6. Banyak mengunakan kata teknis, sesuai dengan temanya
  7. Dalam petunjuk yang berupa resep, dikemukakan pada gambaran rincian tentang nama benda yang dipakai, termasuk jumlah, urutan, ataupun bentuknya.

Langkah-langkah Menulis Teks Prosedur

Secara umum, langkah-langkah menulis suatu teks hampir sama seperti kegiatan menulis jenis teks yang lain. Hampir semua jenis teks mengikuti langkah-langkah kegiatan menulis yakni dari kegiatan pra menulis hingga kegiatas pasca menulis. Namun, setiap teks memiliki karakteristik yang berbeda, hal tersebut yang memicu perbedaan pada penggunaan bahasa ketika menulis. Berikut ini langkah-langkah menulis teks prosedur menurut Kosasih, (2017:78):

  1. Menentukan topik yang dikuasai dan bermanfaat untuk pembaca
  2. Mengumpulkan bahan-bahan atau informasi melalui buku bacaan atau internet terkait topik yang dipilih
  3. Menyusun karangka karangan dengan mencatat hal-hal penting dari sumber-sumber bacaan
  4. Menyusun karangka karangan secara sitematis berdasarkan bahan-bahan yang diperoleh melalui kajian berbagai sumber
  5. Mengembangkan kerangka karangan dengan menambahkan atau menghilangkan beberapa bagian
  6. Menulis teks prosedur menjadi sebuah teks prosedur yang utuh sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.