Diperbarui tanggal 7/Des/2021

Esai

kategori Bahasa dan Sastra Indonesia / tanggal diterbitkan 7 Desember 2021 / dikunjungi: 1.84rb kali

Pengertian Esai

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya (Wikipedia). Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dalam Budiyono (2012:21) juga mengatakan bahasan pada suatu tulisan esai tidak begitu mendalam. Esai merupakan bagian (sepotong) dari sebuah tulisan, tetapi dapat juga esai diartikan sebagai sebuah karangan pendek yang utuh. Hal yang dipersoalkan tidak dibahas secara mendalam. Penulisan artikel ini merujuk pada arti bahwa esai merupakan sebuah tulisan pendek yang utuh (bukan bagian dari suatu tulisan) dan hal yang dipersoalkan tidak dibahas secara mendalam. Menarik simpulan dari beberapa pengertian diatas dapat dikatakan bahwa esai adalah sebuah karangan pendek yang memandang masalah dan merumuskan opini secara sepintas dari sudut pandang penulisnya.

Jenis-Jenis Tulisan Esai

Esai dibedakan menjadi beberapa jenis. Di antaranya esai dibedakan menjadi berdasarkan tujuan penulisannya dan keragaman permasalahan yang diangkat.

  1. Jenis Esai Berdasarkan Tujuan Penulisan
    1. Esai Cerita Esai cerita merupakan esai yang bertujuan untuk melukiskan, atau menghadirkan baik barang, seseorang, maupun sesuatu lainnya agar mampu dibayangkan oleh pembaca. Esai ini bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat bentuk, mendengar suara, mengecap rasa, maupun mencium bau dari suatu barang, atau seseorang, atau sesuatu lainnya yang dihadirkan dalam isi esai. Atau dengan kata lain, esai cerita bertujuan untuk memberikan kesan utama yang ingin disampaikan penulis terhadap suatu benda maupun seseorang atau sesuatu lain kepada pembaca.
    2. Esai Paparan Esai ini bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan lebih rinci suatu hal kepada pembaca. Tujuan utama esai ini untuk mengedukasi maupun memberikan informasi kepada pembaca.
    3. Esai Argumentatif Esai jenis ini, bertujuan untuk meyakinkan pembaca untuk menerima ide, pandangan, sikap, maupun kepercayaan penulis terhadap suatu isu atau permasalahan. Esai argumentative akan berusaha mengungkapkan kebenaran dari suatu ide dengan motif agar nantinya pembaca pada akhirnya akan berpihak pada penulis dan berbuat sesuatu berdasarkan opini yang terdapat dalam esai tersebut.
    4. Esai Lukisan
      Esai lukisan merupakan karangan yang isinya menggambarkan sesuatu dengan tujuan untuk membantu pembaca memahami hal yang ingin disampaikan. e) Esai Ajakan Esai ajakan hampir mirip tujuannya dengan esai argumentatif, hanya saja esai jenis ini mempunyai tujuan lebih spesifik yakni mengajak pembaca untuk mengikuti penulis dalam melakukan suatu atau sebaliknya mengajak pembaca untuk menghentikan melakukan suatu hal.
  2. Jenis Esai Berdasarkan Keragamaan Permasalahan yang Muncul
    1. Deskriptif
      Esai deskriptif merupakan esai yang mendeskripsikan seseorang atau benda. Permasalahan atau hal yang diangkat pada esai ini adalah sebuah benda, seperti rumah, alat elektronik, hewan, maupun sesorang.
    2. Tajuk
      Tajuk, merupakan jenis esai yang dimuat di dalam surat kabar yang menjadi tempat untuk menyalurkan pendapat masyarakat guna menyatakan pandangannya terhadap suatu peristiwa yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat tersebut. Esai jenis ini mengangkat isu isu yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat seperti gejolak politik, keadaan perekonomian saat ini dan lain sebagainya. Tajuk tidak hanya memuat isu isu berat, namun apa saja yang sedang menjadi tren saat ini di masyarakat juga dapat menjadi pokok bahasan dalam tajuk, misal model fashion terkini, bahkan hingga fenomena “Om Telolet, Om”.
    3. Cukilan Watak
      Esai jenis ini, memungkinkan seorang penulis untuk menyisipkan cukilan (cuplikan) dari watak seseorang terhadap isu terkait kepada pembaca. Esai ini tidak menjabarkan secara lengkap biografi seorang tokoh, melainkan hanya mengungkapkan sepenggal watak atau sifat yang dimiliki seorang tokoh yang terkait dalam isu atau cerita yang diangkat dalam esai tersebut. d) Pribadi Esai pribadi hampir mirip dengan esai cukilan watak. Hanya saja yang membedakan esai jenis ini dengan esai cukilan watak ialah watak atau sifat yang dihadirkan dalam esai merupakan sepenggal watak atau sifat dari penulis itu sendiri. Pada esai pribadi, penulis secara frontal mengungkapkan pendapatnya terhadap isu yang diangkat dalam esai. e) Reflektif Esai ini merupakan esai yang ditulis untuk merenungkan suatu isu politik, kebijakan pemerintah, dan lainnya yang biasanya ditulis oleh seorang pakar/ahlinya guna menanggapi isu isu tersebut.
    4. Kritik 
      Esai kritik merupakan esai yang menilai baik atau buruk, bermanfaat atau tidaknya, kelebihan atau kekurangan suatu hal, baik berupa karya seni maupun karya sastra. Kritik akan membicarakan dan menilai berbagai unsut yang membentuk karya tersebut dan dikemas dalam sebuah esai.
    5. Artikel Penelitian
      Artikel penelitian merupakan jenis esai yang berisi tentang hasil hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian. Artikel jenis ini umumnya akan menambah pengetahuan baru di bidangnya atau mencek ulang penelitian yang ada sebelumnya dengan kondisi riil saat ini.

Unsur-unsur Tulisan Esai

Tulisan itu mengungkap suatu masalah dan memberikan rincian gagasan terkait masalahnya. Menurut Budiyono, (2010:91) Tulisan esai memiliki unsur-unsur sebagai berikut.

  1. Pendahuluan, berisi latar belakang informasi terkait masalah yang dibahas.
  2. Tubuh tulisan, berisi penyajian secara rinci informasi terkait masalah yang dibahas.
  3. Bagian akhir, berisi simpulan atau penyajian kembali ide pokok dan ringkasan tubuh esai.

Tulisan esai menggunakan bahasa Indonesia (tatabahasa, kosa kata, dan ejaan dan tanda baca) sesuai kaidah yang berlaku. Pendahuluan biasanya memaparkan tesis dan topik agar pembaca mengetahui kearah topik yang akan dipaaparkan di tubuh tulisan. Sedangkan tubuh tulisan memamparkan informasi sesuai dengan topik yang ada pada bagian pendahuluan. Bagian akhir menyajikan ringkasan kembali pendahuluan dan tubuh tulisan lalu dibuat suatu simpulan.