Diperbarui tanggal 12/06/2021

Tujuan Evaluasi Hasil Belajar

author/editor: Edi Elisa / kategori Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran / tanggal diterbitkan 12 Juni 2021 / dikunjungi: 4.46rb kali

Secara umum tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan hasil belajar siswa setelah selesai mengikuti program pembelajaran, juga untuk mengumpulkan data dan informasi dalam usaha perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan kurikulum. Menurut Sudirman, tujuan evaluasi hasil belajar adalah:

  1. Mengambil keputusan tentang hasil belajar
  2. Memahami anak didik
  3. Memperbaiki dan mengembangkan program pengajaran

Menurut M. Chobib Thoha, dalam bidang hasil belajar, evaluasi bertujuan untuk

  1. Mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik
  2. Mengukur keberhasilan mereka baik secara individual maupun secara kelompok

Di samping itu, pengambilan keputusan juga sangat diperlukan untuk memahami peserta didik dan mengetahui sampai sejauhmana dapat memberikan bantuan terhadap kekurangan-kekurangan peserta didik. Evaluasi juga bermaksud meperbaiki dan mengembangkan program pembelajaran.

Dengan demikian, tujuan evaluasi adalah untuk memperbaiki cara, pembelajaran, mengadakan perbaikan dan pengayaan bagi peserta didik, serta menempatkan peserta didik pada situasi pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya. Tujuan lainnya adalah untuk memperbaiki dan mendalami dan memperluas pelajaran, dan yang terakhir adalah untuk memberitahukan atau melaporkan kepada para orang tua/ wali peserta didik mengenai penentuan kenaikan kelas atau penentuan kelulusan peserta didik.