Diperbarui tanggal 3/06/2021

Langkah-langkah Penyusunan Instrumen Tes

author/editor: Edi Elisa / kategori Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran / tanggal diterbitkan 2 Juni 2021 / dikunjungi: 45.63rb kali

Dalam pengembangan instrumen tes agar dihasilkan instrumen yang valid dan berkualitas, terdapat langkah-langkah pengembangan sebagai berikut:

  1. Menentukan Tujuan

    Tujuan yang ditentukan dalam hal ini mempunyai dua dimensi, yaitu:

    1. Tujuan pembelajaran yang diukur dan dinilai Dimensi pertama ini merujuk pada berbagai macam ranah dan sub ranah, yang menjadi tujuan pembelajaran selama jangka waktu tertentu. Jika tujuan-tujuan itu telah dirumuskan sebelumnya, seperti dalam Satuan Pelajaran, langkah penentuan tujuan ini berarti memilih Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) yang telah diupayakan untuk dicapai dalam proses pembelajaran, untuk djadikan objek pengukuran dan kriteria keberhasilan dalam penilaian.
    2. Tujuan dilaksanakannya evaluasi Evaluator harus mengetahui tujuan evaluasinya secara jelas. Misalnya, apakah untuk formatif, diagnostik, seleksi ataukah sumatif. Dengan tujuan evaluasi yang berbeda, meskipun dengan ruang lingkup ranah dan materi yang sama, instrumen yang dikembangkan juga berbeda.
  2. Mengembangkan Spesifikasi Instrumen

    Setelah tujuan ditentukan dengan jelas, langkah berikutnya adalah mengembangkan spesifikasi instrumen. Tujuan utama mengembangkan spesifikasi ini, sebagaimana dijelaskan oleh Gronlund & Linn (1990:112) adalah “Top provide assurance that a classroom test will measure a representative sample of instructionally relevant tasks”, salah satu alat yang dapat dipakai untuk kepentingan iini adalah pembuatan kisis-kisi tes/instrumen atau juga disebut tabel spesifikasi atau tes blueprint. Kisi-kisi ini dibuat untuk “merumuskan setepat mungkin ruang lingkup dan tekanan tes dan bagian-bagiannya, sehingga perumusan tersebut dapat menjadi petunjuk yang efektif bagi si penyusun tes (Suryabrata,1987:7).

    Langkah-langkah pembuatan kisi-kisi tes adalah sebagai berikut :

    1. Tentukanlah jumlah butir yang akan dibuat dalam satu tes, beberapa objektif, dan beberapa subjektif. Penentuan jumlah butir ini dengan mempertimbangkan banyaknya materi dan waktu yang tersedia untuk mengerjakan tes tersebut.
    2. Buatlah tabel atau matriks dua arah, kolom untuk kemampuan berfikir dan baris untuk pokok bahasan
    3. Distribusikanlah butir-butir tes tersebut ke dalam baris/kolom secara proporsional, dengan mempertimbangkan karakteristik bidang studi, dan fokus serta urgensi pokok bahasan atau kemampuan berfikir tertentu.
  3. Memilih Jenis dan Tipe Instrumen

    Jenis dan tipe instrumen yang dapat dipakai dalam pengukuran dan penilaian pendidikan memang sangat beragam. Pemilihan jenis dan tipe instrumen harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tujuan evaluasi dapat dicapai dengan baik. Karena itu, pertimbangan-pertimbangan berikut ini perlu dierhatikan:

    1. Tujuan pembelajaran apa sajakah yang akan dicakup atau dijadikan objek pengukuran
    2. Pendekatan apakah yang digunakan dalam skoring, dan sejauh manakah objektifitas diperlukan dalam skoring itu
    3. Bagaimana penyelenggaraan dan pelaksaan pengukuran (administrasi) akan dilakukan
    4. Bagaimanakah dan format apakah yang akan dipilih dalam proses pengadaan instrumen.
  4. Mempersiapkan Kisi-kisi Instrumen

    Mempersiapkan dan membuat instrumen pengukuran bukanlah pekerjaan ringan, bahkan membutuhkan berbagai kombinasi kemampuan khusus. Dalam hal ini menurut Sumadi Suryabrata (1987:28), untuk dapat melakukan tugas ini dengan baik, ada 5 kemampuan khusus yang harus dimiliki, yaitu:

    1. Penguasaan materi yang diteskan/diukur
    2. Kesadaran mengenai tata-tata nilai yang mendasari pendidikan
    3. Pemahaman tentang karakteristik peserta didik yang diukur
    4. Kemampuan membahasakan gagasan
    5. Penguasaan teknik penulisan instrumen
  5. Uji Coba Instrumen

    Instrument yang sudah disusun perlu diujicobakan untuk diperbaiki, direvisi agar supaya kualitasnya semakin baik. Semakin banyak frekuensi ujicoba dan revisinya, semakin bagus kualitas instrument yang dikembangkan itu. Secara umum, saran-saran Mehrens & Lehmam (1984:85-87) berikut ini sangat bermanfa’at untuk diikuti ketika mengembangkan instrument:

    1. Tentukan tujuan-tujuan pembelajaran dengan hati-hati
    2. Persiapkan table spesifikasi, dan pakailah selalu sebagai acuan saat menulis item-item instrumen
    3. Formulasikan item yang jelas, tidak kabur, dan tidak bertele-tele
    4. Jika berupa tes hasil belajar, pastikan item-itemnya berasal dari materi yang sudah diajarkan
    5. Usahakan terbebas dari bias, karena tradisi, jenis kelamin, dan sebagainya
    6. Persiapkan kunci scoring saat penulisan item itu juga, bila untuk hasil belajar
    7. Persiapkan item lebih banyak dari yang dibutuhkan
    8. Persiapkan item-item ini sedini mungkin, sehingga ada waktu untuk merevisi

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan tes menurut Arifin (2012. Hlm. 121), yaitu : aspek yang hendak diukur, pihak penyusun, tujuan penggunaan tes, sampel, kesahihan dan keandalan, pengadministrasian, cara menskor, kunci jawaban, tabel skor mentah, dan penafsiran.