A. Tujuan Tes
Berdasarkan tujuannya suatu tes antara lain digunakan untuk:
- Memperoleh umpan balik terhadap hasil pembelajaran Hasil pengukuran dari suatu tes dapat digunakan sebagai umpan balik bagi guru dan siswa. Bagi guru, hasil tes memberikan indikasi efektivitas pembelajarannya sehingga berdasarkan hasil tes guru dapat memperbaiki proses pembelajaran serta memahami kemampuan siswa menguasai dan menafsirkan bahan ajar. Sedangkan bagi siswa, hasil tes memberikan indikasi sejauh mana tingkat pembelajarannya, apakah perlu ada perbaikan atau peningkatan.
- Memperbaiki kurikulum dan program pendidikan. Biasanya sekolah tinggal melaksanakan kurikulum yang digariskan oleh pemerintah, tetapi dengan laporan setiap sekolah dengan efektivitas pembelajaran berdasarkan kurikulum yang ditetapkan, pihak pemerintah juga akan tahu apakah kurikulum yang diberitahukan perlu diperbaiki atau tidak. Hasil suatu evaluasi yang salah satunya melalui tes, akan menjadi landasan yang kokoh bagi program perbaikan pendidikan dan pada program pengajaran khususnya.
- Meningkatkan motivasi siswa. Hasil tes akan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, jika masih belum memenuhi Kriteria Kentutasan Minimal (KKM) akan mencoba bangkit agar mencapai atau bahkan melebihi KKM, dan jika siswa sudah mencapai KKM serta memberikan motivasi untuk minimal mempertahankannya .
B. Fungsi Tes
Secara umum fungsi tes sebagai berikut:
- Melaksanakan diagnosis dan remedial.
Hasil tes dapat dipergunakan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan siswa dalam bidang studi tertentu sehingga siswa dapat memperbaiki program pembelajarannya.
- Melakukan penempatan.
- Biasanya tes penempatan dilaksanakan di sekolah, kursus-kursus, perguruan tinggi., dll.
- Melakukan seleksi.
Umumnya jenis tes ini dilaksanakan jika jumlah kursi yang tersedia di suatu lembaga hanya terbatas, sementara peminatnya melebihi kapasitas atau pagu yang ditetapkan.
- Mengembangkan khazanah ilmu pengetahuan.
Ilmu-ilmu tertentu, utamanya yang terkait dengan pendidikan dan psikologi berkembang, diantaranya dengan cara memanfaatkan hasil tes. Dalam pendidikan, evaluasi pendidikan berkembang karena hasil-hasil pengukuran, tes dan penilaian yang berkesinambungan
Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto dalam bukunya Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, fungsi tes dapat ditinjau dari tiga hal:
- Fungsi untuk kelas.
- Fungsi untuk bimbingan.
- Fungsi untuk administrasi.
Adapun perbandingan dari ketiga fungsi tersebut adalah
Fungsi untuk Kelas | Fungsi untuk Bimbingan | Fungsi untuk Administrasi |
---|---|---|
|
|
|