Pemilihan Model Pembelajaran

Penulis: Edi Elisa | Kategori: Strategi Belajar Mengajar | Tanggal Terbit: | Dilihat: 6189 kali

Oleh karena model-model pem-belajaran itu banyak ragam atau jenisnya, dan tidak ada model pembelajaran yang cocok untuk segala situasi dan kondisi, serta suatu model yang digunakan dalam pembelajaran tertentu atau topik terntetu pasti memiliki beberapa keunggulan dan keterbatansannya, maka seringkali guru/ dosen/ peneliti mendapatkan kesulitan dalam memilih atau menentukan sebuah model pembelajaran yang tepat yang akan digunakan dalam pembelajaran. Di samping itu boleh jadi dalam penerapan model pembelajaran tidak berhasil, padahal saat uji coba implementasi model sangat berhasil. Hal ini terkait banyak variabel yang harus diper-hitungkan oleh dosen/guru/peneliti.

Secara umum, hal-hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih menentukan model pembelajaran adalah kesesuaian antara “model pembelajaran”dengan hal-hal berikut.

  1. Karakteristik tujuan (kompetensi) yang hendak dicapai.
  2. Indikator Pencapaian Kompetensi/ IPK yang dikembangkan.
  3. Tujuan pembelajaran yang spesifik dalam mengembangkan potensi dan kompetensi.
  4. Kemampuan dosen/guru dalam menggunakan model pembelajaran yang dipilih.
  5. Karakteristik dan modalitas peserta didik.
  6. Lingkungan belajar dan sarana pendukung belajar lainnya.
  7. Kesesuaian dengan pendekatan, metoda, strategi, dan teknik yang digunakan.
  8. Tuntutan dimensi tertentu, misalnya untuk menyingkap sesuatu konsep.
  9. Jenis penilaian hasil belajar yang akan digunakan.