Model Flex merupakan salah satu model pembelajaran blended learning. Pada model flex, sebagian besar pembelajaran dilakukan secara online tetapi tetap dilakukan di sekolah. Peserta didik dapat mengakses seluruh materi pelajaran baik secara mandiri atau berkelompok secara online sehingga pembelajaran akan bersifat fleksibel. Peserta didik dapat belajar sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan kecepatan belajar masing-masing. Pada model flex ini, guru dapat berperan sebagai fasilitator melalui sesi diskusi, pengerjaan proyek, maupun tutoring secara individu dan kelompok. Hal ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik yang mengalami permasalahan dalam pembelajaran berdasarkan hasil pantauan aktifitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan.
Dalam pelaksanaannya model flex memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Terdapat pula fasilitas bagi peserta didik untuk dapat berdiskusi langsung dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran. Kunci dari model kelas flex adalah guru memfasilitasi pembelajaran yang sangat fleksibel bagi peserta didik namun tetap menjaga interaksi yang bermakna antar peserta didik dan guru selama kegiatan pembelajaran. Peserta didik bekerja secara mandiri dan belajar untuk mengembangkan dan menciptakan konsep-konsep baru dalam lingkungan digital dan guru berperan sebagai mentor untuk memberikan arahan kepada peserta didik.
Keuntungan
Keuntungan dari penerapan model flex dalam pembelajaran yaitu:
- Peserta didik dapat menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kecepatan dan kemampuan mereka sendiri.
- Peserta didik terbiasa untuk belajar secara mandiri dengan menggunakan berbagai sumber daya yang ada.
- Dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.
- Biaya operasional sekolah lebih rendah dibandingkan dengan sekolah tatap muka secara langsung.
Kekurangan
Sedangkan yang menjadi kekurangan dari model ini yaitu:
- Karena kurangnya jadwal tetap bagi siswa untuk menghadiri kelas, sulit bagi sekolah untuk mengakomodasi sistem penjadwalan.
- Menuntuk ruangan yang lebih luas dan perangkat komputer yang memadai.
- Sulit diterapkan kepada peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah.