Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have
Menurut Zaini (2008) “Metode pembelajaran Questions Student Have merupakan metode yang dapat dipakai untuk mengetahui kebutuhan dan harapan peserta didik. Metode ini menggunakan elisitas dalam memperoleh partisipasi peserta didik secara tertulis”. Sedangkan menurut Silberman (2006) “Metode ini tidak membuat siswa untuk mempelajari apa yang mereka dibutuhkan dan diharapkan. Cara ini memanfaatkan tehnik yang mengundang partisipasi melalui penulisan, bukanya pembicaraan”. Dari semua penjabaran pendapat para ahli tentang metode pembelajaran Questions Student Have maka dapat dikatakan bahwa metode ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi siswa - siswa di kelas yang takut untuk bertanya langsung kepada gurunya.
Suprijono (2009) menyatakan bawah metode questions Student Have dikembangkan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya. Pembelajaran dengan metode ini diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa dalam kelas. Selanjutnya, bagikan kartu kosong kepada setiap siswa dalam setiap kelompok. Mintalah peserta didik menulis beberapa pertanyaan yang mereka miliki tentang hal - hal yang sedang dipelajari. Dalam setiap kelompok, putarlah kartu tersebut searah jarum jam pada setiap anggota kelompok, setiap anggota kelompok harus membaca dan memberi tanda contreng pada pertanyaan temannya yang dianggap penting. Putaran kartu berhenti pada tiap - tiap pemilik awalnya. Setiap pemilik kartu harus memeriksa pertanyaan - pertanyaan yang mendapat tanda contreng. Pertanyaan yang mendapat tanda contreng terbanyak dalam kelompok akan menjadi pertanyaan kelompok.
Setiap kelompok melaporkan secara tertulis pertanyaan kelompok. Guru memeriksa pertanyaan dari setiap kelompok jika ada pertanyaan yang sama dan jawabannya sama. Kemudian pertanyaan tersebut dikembalikan kepada kelompok untuk dijawab secara mandiri maupun kelompok. Jawaban bisa lisan maupun tulisan. Dari uraian di atas dapat disimpulkan dalam penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa karena siswa diminta untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan membuat pertanyaan yang nantinya akan dibahas oleh guru dan siswa.
Langkah – langkah Metode PembelajaranQuestions Student Have
Menurut Silberman (2006) langkah - langkah metode pembelajaran Questions Student Have adalah sebagai berikut:
- Berikan kartu indeks kosong kepada tiap siswa.
- Perintahkan tiap siswa untuk menuliskan pertanyaan yang mereka miliki tentang materi pelajaran atau sifat dari pelajaran yang mereka ikuti (nama tidak perlu dicantumkan).
- Bagikan kartu tersebut ke seluruh kelompok searah jarum jam. Ketika masing- masing kartu dibagikan kepada siswa berikutnya, dia harus membacanya dan memberi tanda centang pada kartu itu jika berisi pertanyaan yang merupakan persoalan yang dihadapi siswa yang membacanya.
- Ketika semua kartu siswa kembali kepada pemiliknya, tiap siswa harus meninjau semua “pertanyaan” kelompok. Sampai di sini, kenali pertanyaan yang menerima banyak suara (tanda centang) berikan jawaban kepada masing - masing pertanyaan ini dengan (a) memberikan jawaban yang langsung dan singkat ; (b) menunda pertanyaan hingga waktu yang lebih tepat ; atau (c) mengemukakan bahwa untuk saat ini anda belum mampu untuk menjawab pertanyaan atau persoalan ini (janjikan jawaban pribadi jika memungkinkan).
- Perintahkan siswa untuk berbagi pertanyaan mereka secara sukarela, sekalipun pertanyaan mereka itu tidak mendapatkan suara (tanda centang) paling banyak.
- Kumpulkan semua kartu. Kartu - kartu itu mungkin berisi pertanyaan yang dapat anda jawab pada pelajaran atau pertemuan mendatang.
Dari uraian langkah - langkah pembelajaran di atas terlihat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have siswa berperan aktif dalam pembelajaran dan guru hanya sebagai pembimbing pelaksanaan proses pembelajaran . Hal ini diperkuat oleh Zaini (2008) mengungkapkan langkah - langkah pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Questions Student Have adalah:
- Bagikan potongan - potongan kertas kepada peserta didik.
- Minta setiap perserta didik untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan materi materi pelajaran, atau yang berhubungan dengan kelas (tidak perlu menuliskan nama)
- Setelah semua selesai membuat pertanyaan, masing - masing diminta untuk memberikan kepada teman - teman di samping kirinya dan putar searah jarum jam untuk membaca semua pertanyaan dari teman - temannya.
- Pada saat meneriman kertas dari teman di sampingnya, mereka diminta untuk membaca pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan itu juga ingin diketahui jawabannya, maka dia harus memberi tanda centang (V), jika tidak berikan lagsung pada teman berikutnya.
- Ketika kertas pertanyaan tadi kembali kepada pemiliknya, peserta didik diminta untuk menghitung tanda centang yang ada pada kertasnya. Pada saai ini carilah pertanyaan yang mendapat tanda centang paling banyak.
- Beri respon kepada setiap pertanyaan - pertanyaan tersebut dengan ; (a) jawaban langsung secara singkat , (b) menunda jawaban sampai pada waktu yang tepat atau waktu membahas topik tersebut, (c) menjelaskan bahwa pertanyaan ini tidak akan sampai membahas pertanyaan dari peserta didik tersebut . jawaban pribadi dapat diberikan di luar kelas.
- Jika waktu cukup, minta beberapa orang peserta didik untuk membacakan pertanyaan yang dia tulis meskipun tidak mendapat tanda centang yang banyak kemudian berikan jawaban.
- Kumpulkan semua kertas. Besar kemungkinan ada pertanyaan - pertanyaan yang akan anda jawab pada pertemuan berikutnya.
Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Questions Student Have ini sangat baik digunakan di kelas yang kondisi siswanya kurang aktif dalam berinteraksi baik dalam bertanya maupun mengeluarkan pendapat. Sehingga metode ini tanpa harus terjadi pembicaraan secara langsung antara guru dan siswa, proses pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik karena metode ini dapat menampung semua permasalahan yang dimiliki siswa pada proses belajar tanpa harus terjadi interaksi pembicaraan secara langsung yang biasanya hal itu menjadi kendala utama yang dihadapi oleh setiap siswa.
kelebihan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Question Student Have
Dalam setiap metode pembelajaran yang dipilih seorang guru, tentu selalu ada kelebihan dan kelemahan yang dimiliki metode pembelajaran, menurut Arifah (2012), metode pembelajaran Question Student Have memiliki kelemahan dan kelebihan, yaitu:
- Kelebihan Metode Question Student Have
- Dapat melatih kemampuan bekerja sama. Karena membagipeserta didik menjadi berkelompok, dengan berkelompok pesertadidik hampir tidak mungkin salah satu peserta didik akandiabaikan dan sulit juga bagi peserta didik untuk tidak aktif.
- Melatih kemampuan mendengarkan pendapat orang lain.
- Mampu meningkatkan daya ingat terhadap materi yang dipelajari.
- Dapat melatih rasa peduli dan kerelaan untuk berbagi.
- Mampu meningkatkan rasa penghargaan terhadap orang lain.
- Mampu meningkatkan minat, motivasi dan suasana belajar serta kecepatan menangkap materi.
- Kelemahan Metode Question Student Have
- Guru harus mengeluarkan tenaga dan pikiran yang tidak sedikit demi tercapainya tujuan pembelajaran.
- Peserta didik mengalami kesulitan dalam menuliskan pertanyaan terhadap materi yang kurang dipahami.
- Dimungkinkan tidak semua pertanyaan dari peserta didik dapat dibahas dalam satu kali pertemuan, karena keterbatasan waktu, sehingga membutuhkan jam tambahan.
- Keberhasilan dalam usaha mengembangkan kesadaran dan keterampilan bekerjasama dalam kelompok memerlukan waktu yang cukup lama.