Layanan Bimbingan Karir di SMK Berbasis Teaching Factory

Penulis: Edi Elisa | Kategori: Pendidikan Kejuruan | Tanggal Terbit: | Dilihat: 1442 kali

a. Layanan Pengembangan Kematangan Karir

Menurut Kemendikbud (2016), layanan pengembangan kematangan karir adalah layanan bimbingan yang berupaya memfasilitasi terjadinya perkembangan kematangan karier siswa. Kematangan karier yang dimaksud adalah kesiapan siswa untuk membuat keputusan-keputusan karier dengan tepat. Layanan ini dilakukan dengan cara memfasilitasi perkembangan pengetahuan tentang dunia kerja, kelompok pekerjaan yang disukai, pembuatan keputusan karir, perencanaan karir, eksplorasi karir, dan realisme.

b. Layanan Pengembangan Analisis Peluang Karir

Menurut Kemendikbud (2016), layanan pengembangan analisis peluang karir adalah layanan bimbingan yang berupaya memfasilitasi terjadinya perkembangan kemampuan analisis peluang karier. Peluang karier adalah berbagai kesempatan yang dapat dijadikan jalan untuk berkarier. Dengan kata lain, layanan pengembangan analisis karier merupakan proses memfasilitasi siswa agar mereka mengembangkan kemampuan menganalisis kesempatan untuk berkarier. Layanan ini dilakukan dengan cara memfasilitasi pengembangan kesadaran diri, sikap karir, motif karir dan komitmen karir.

Dalam konteks teaching factory, layanan bimbingan karir yang bisa dilakukan dengan kegiatan layanan konsultasi. Sedangkan, topik layanan konsultasi juga berkaitan dengan hasil penelusuran minat dan bakat siswa. Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing untuk menganalisis peluang karir ke depan, tidak hanya pekerjaan tetapi juga menyangkut kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. Dengan demikian, siswa dapat menggambarkan tentang taksiran kehidupan yang akan dia jalani pasca lulus SMK.

c. Layanan Pengembangan Kemampuan Membuat Keputusan Karir

Menurut Kemendikbud (2016), layanan pengembangan kemampuan membuat keputusan karir adalah layanan bimbingan yang berupaya memfasilitasi terjadinya proses pembuatan keputusan karir, yaitu penentuan pilihan-pilihan kegiatan yang mendukung atau relevan dengan karier masa depan siswa. Adapun hal-hal yang nenjadi fokus layanan ini meliputi pengetahuan siswa tentang keputusan karir, kesiapan siswa membuat keputusan karir dan keterampilan siswa dalam membuat keputusan karir yang tepat.

Dalam konteks teaching factory, layanan bimbingan dan konseling karir yang bisa dilakukan adalah layanan konseling individu. Layanan ini memfasilitasi siswa dalam menentukan pekerjaan ataupun jurusan kuliah yang akan diambil. Siswa harus sudah didampingi untuk benar-benar mengetahui potensi dirinya, mengetahui lowongan pekerjaan yang tersedia dan sesuai dengan dirinya. Kemudian siswa dapat mengindentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat yang berkaitan dengan pekerjaa/jurusan yang akan diambil. Selanjutnya, siswa dibimbing juga tentang bagaimana mewujudkan pilihan karir tersebut sampai dengan proses menjalaninya dan mengukir sukses untuk masa depannya