Instrumen Observasi Kemampuan Berbicara anak usia 5-6 tahun

Penulis: Tim Editor | Kategori: Instrument Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini | Tanggal Terbit: | Dilihat: 4328 kali

A. Identitas Anak

Nama Anak :
Umur           :
Kelas            :

B. Petunjuk Pengisisan

  1. Angket ini idbuat untuk menganalisis indikator kemampuan Berbicara anak usia 5-6 tahun, dalam angket ini tidak ada jawaban yang benar atau salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan anak yang sebenarnya.
  2. Berikan tanda (√) pada pertanyaan, jika pertanyaan sesuai dengan keadaan anak
  3. Jawablah dengan cermat setiap poin yang ditanyakan dan jawablah dengan jujur.
    Keterangan
    SS    : Sangat Sering
    S     : Sering 
    KD  : Kadang-kadang
    JR    : Jarang
    SJR  : Sangat Jarang
No+/-PertanyaanPenilaian
SSS (3)KDJRSJR
1+Anak dapat meniru huruf yang diucapkan oleh guru.     
2-Anak kesulitan menyebutkan huruf yang diucapkan oleh guru untuk melatih keterampilan berbicara.     
3+Anak mampu meniru huruf yang diucapkan oleh guru secara jelas.     
4+Anak dapat mengenali jenis bunyi yang disampaikan oleh guru.     
5+Anak terampil dalam berbicara untuk menirukan kembali suara yang dibunyikan oleh guru.     
6+Anak dapat menirukan bunyi bahasa yang diucapkan oleh guru.     
7+Anak dapat mengikuti pengenalan bunyi konsonan yang diucapkan oleh guru.     
8+Anak dapat mengikuti pelapalan bunyi konsonan     
9-Anak belum mengikuti cara ucapan dari bunyi konsonan     
10-Anak belum dapat menyebutkan jenis kata     
11+Anak dapat dilatih dengan brbagai jenis kata yang diucapkan     
12+Anak dapat mengetahui jenis kata yang mudah diterima     
13+Anak dapat mengenali media pembelajaran yang di berikan guru     
14-Anak belum dapat menggunakan media pembelajaran yang ada     
15+Anak dapat menggunakan media pembelajaran yang di berikan guru     
16+Anak dapat mengenal kata dari satuan kata yang paling mudah     
17+Anak dapat melakukan kegiatan pengenalan kata dengan kegiatan yang menarik     
18+Anak dapat melakuka kegiatan pengenalan kata dengan cara menirukan temannya     
19+Anak mengerti kumpulan kata dari yang terkecil secara rinci     
20+Anak dapat menyusun dari kumpulan terkecil hingga terbesar     
21+Anak dapat menyampaikan secara sistematis satuan kumpulan kata terkecil     
22+Anak dapat menggunakan kata dari satuan kumpulan yang terkecil     
23+Anak dapat mengenali pola terbentuknya sebuah kalimat     
24-Anak belum dapat menirukan tentang pola sempurna tidaknya sebuah kalimat.     
25+Anak dapat memberi contoh pola kalimat yang sempurna.     
26+Anak dapat memberikan penilaian yang objektif pada teman lainnya     

 

Indikator Instrument Kemampuan Berbicara

NoIndikatorDeskriptorNO ITEM+-
1Strategi Peniruan Bunyi BahasaStrategi pengenalan bunyi vokal1,2,3
4,5,6
1,3
4,5,6
2
  Strategi pengenalan bunyi konsonan7,8,97,89
2Strategi Pengenalan KataMenentukan jenis kata yang akan dikenalkan kepada anak10,11,1211,1210
  Mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan13,14,1513,1514
  Melakukan kegiatan pengenalan kata16,17,1816,17,18, 
3Strategi Pengenalan KalimatPengenalan kata mengunakan media flipchart19,20,21,2219,20,21,22 
  Menggunakan media flifchart menentukan sempurnaya kalimat23,24,
25,26
23,
25,26
24