A. IDENTITAS GURU
Nama :
Tanggal Pengisian :
Instansi :
B. IDENTITAS ANAK
Nama :
Usia :
C. PETUNJUK PENGISIAN
- Angket ini di buat untuk menganalisis indikator gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik usia 5-6 tahun, dalam angket ini tidak ada jawaban benar atau salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan anak sebenarnya.
- Berikan tanda (√) pada pertanyaan Selalu (4), Sering (3), Kadang-kadang (2), Jarang (1), Tidak Pernah (0). Jika pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan anak.
No | +/- | Pertanyaan | Penilaian | ||||
SL (4) | S (3) | KD (2) | JR (1) | TP (0) | |||
A. Gaya Belajar Visual | |||||||
1 | + | Anak mampu menunjukkan gaya belajar visual dengan meletakkan benda secara rapi tanpa bantuan guru. | |||||
2 | - | Anak kurang mampu dalam meletakkan benda secara rapi walaupun sudah diarahkan guru. | |||||
3 | + | Anak mampu menunjukkan gaya belajar visual dengan menyusun benda sesuai dengan jenisnya dengan tepat. | |||||
4 | + | Anak mampu menunjukkan gaya belajar visual dengan meletakkan benda secara teratur tanap bantuan guru. | |||||
5 | + | Anak mampu menunjukkan gaya belajar visual dengan menempatkan berbagai benda secara teratur dengan baik. | |||||
6 | + | Anak mampu menunjukkan gaya belajar visual berbicara dengan cepat. | |||||
7 | - | Anak terlihat kurang mampu menunjukkan gaya belajar visual dengan berbicara dengan cepat. | |||||
8 | + | Anak mampu menjawab dengan singkat saat guru bertanya. | |||||
9 | - | Anak terlihat kurang mampu menjawab dengan singkat saat guru bertanya. | |||||
10 | + | Anak mampu mengeja dalam menyebutkan kata-kata dengan baik. | |||||
11 | - | Anak terlihat tidak mampu menyebutkan kata-kata dengan baik | |||||
12 | + | Anak mampu mengeja kata-kata dengan tepat. | |||||
13 | - | Anak kurang mampu dalam mengeja kalimat sederhana. | |||||
14 | + | Konsentrasi anak tidak terganggu ketika di tengah keributan. | |||||
15 | - | Anak terlihat tidak nyaman dengan keributan. | |||||
16 | - | Anak terlihat tidak konsentrasi ketika ada keributan. | |||||
17 | + | Anak lebih suka dibacakan sendiri dari pada dibacakan guru. | |||||
18 | + | Anak terlihat suka membaca yang di arahkan guru. | |||||
19 | - | Anak terlihat kurang tertarik dalam membaca sendiri. | |||||
20 | + | Anak menunjukkan anak lebih suka 3 dimensi daripada musik. | |||||
21 | + | Anak terlihat menyukai seni | |||||
22 | - | Anak kurang suka karya seni 3 dimensi | |||||
B. Gaya Belajar Auditorial | |||||||
23 | - | Anak menunjukkan gaya belajar auditorial terlihat mudah terganggu konsentrasinya ketika ada keributan. | |||||
24 | + | Anak terlihat kurang fokus ketika mendengar suara baru didengar. | |||||
25 | - | Anak menunjukkan gaya belajar auditorial terlihat tidak mudah terganggu di tengah keributan. | |||||
26 | + | Anak mampu mengulang kembali lagu yang di dengar. | |||||
27 | - | Anak kurang mampu mengulang lagu yang sudah di dengar. | |||||
28 | + | Anak mampu menirukan lagu yang sudah di dengar. | |||||
29 | + | Anak terlihat senang ketika mendengar lagu. | |||||
30 | + | Anak lebih suka mengeja nama sendiri daripada menuliskannya. | |||||
31 | + | Anak terlihat semangat dalam mengeja. | |||||
32 | + | Anak mampu menyebutkan kata-kata sendiri dengan suara yang nyaring. | |||||
33 | - | Anak anak kurang suka mengeja. | |||||
34 | + | Anak lebih suka becerita daripada buku cerita | |||||
35 | + | Anak terlihat suka berkata-kata sambil tertawa. | |||||
36 | - | Anak terlihat diam ketika guru mengajak bercerita | |||||
C. Gaya belajar kinestetik | |||||||
37 | + | Anak mampu berbicara dengan efektif ketika guru mengajak bercerita. | |||||
38 | + | Anak mampu berbicara dengan mudah dimengerti oleh guru. | |||||
39 | - | Anak kurang mampu berbicara secara efektif | |||||
40 | + | Anak terlihat memegang tangan guru untuk mendapatkan perhatian. | |||||
41 | + | Anak menunjukkan gaya belajar kinestetik dengan terlihat senang. | |||||
42 | - | Anak terlihat ragu ketika untuk mendapatkan perhatian guru. | |||||
43 | + | Anak mampu melakukan kegiatan melibatkan banyak gerakan fisik. | |||||
44 | + | Anak terlihat menyukai banyak melakukan gerak. | |||||
45 | - | Anak terlihat diam ketika guru melakukan gerak. | |||||
46 | + | Anak mampu mengingat sesuatu kegiatan dengan berjalan. | |||||
47 | + | Anak terlihat tidak senang melakukan kegiatan dengan berjalan | |||||
48 | + | Anak mampu mengingat dengan melihat sambil berjalan | |||||
49 | - | Anak terlihat kurang mampu mengingat dengan melihat | |||||
50 | + | Anak terlihat membaca dengan menggunakan jarinya. | |||||
51 | + | Anak mampu membaca dengan terlihat senang | |||||
52 | - | Anak kurang mampu membaca kalimat sederhana. | |||||
53 | - | Anak terlihat tidak menggunakan jarinya ketika menunjukkan tulisan | |||||
54 | + | Anak mampu menggunakan banyak bahasa tubuh. | |||||
55 | + | Anak terlihat banyak melakukan kegiatan. | |||||
56 | - | Anak terlihat sedikit menggunakan bahasa tubuh. |