Diperbarui tanggal 13/09/2022

Teori Belajar Beban Kognitif

kategori Belajar dan Pembelajaran / tanggal diterbitkan 13 September 2022 / dikunjungi: 2.78rb kali

Pengertian Teori Belajar Beban Kognitif

Teori beban kognitif adalah teori yang dimulai dari teori pengajaran yang berdasar pada arsitektur kognitif manusia. Ada beberapa jenis beban kognitif diantaranya.

1. Beban Kognitif Intrinsik (Intrinsic Cognitive Load)

Beban kognitif intrinsik ditentukan oleh tingkat kesulitan informasi atau materi yang sedang dipelajari. Beban kognitif intrinsik tidak dapat dimanipulasi karena sudah menjadi karakter dari interaktifitas elemen-elemen di dalam materi. Sehingga beban kognitif intrinsik ini bersifat tetap. Beberapa materi secara intrinsik sulit untuk dipahami dan belajar terlepas dari bagaimana hal itu diajarkan. Faktor kritis adalah elemen interaktivitas yang mengacu pada jumlah elemen yang harus diproses dalam memori kerja untuk memahami dan mempelajari materi.

2. Beban Kognitifasing / Ekstrinsik (Extraneous Cognitive Load)

Kategori beban kognitif ini juga tergantung pada elemen interaktivitas tetapi tidak seperti beban kognitif intrinsik, unsur-unsur berinteraksi sepenuhnya di bawah control pembelajaran, dan dirancang terutama untuk memberikan prinsip-prinsip untuk mengurangi beban kognitifasing. Apakah prosedur pengajaran menghasilkan beban kognitifasing jika prosedur pelajaran tidak memfasilitasi perubahan untuk menyimpan informasi (memori jangka panjang) atau jika prosedur pengajaran mengabaikan batas-batas prinsip perubahan dengan baik mengabaikan keterbatasan memori kerja atau melanjutkan pada asumsi bahwa memori kerja tidak memiliki keterbatasan. Prosedur pengajaran mungkin tidak efektif karena tidak perlu memperkenalkan interaksi elemen yang harus dihilangkan.

3. Beban Kognitiferat (Germane Cognitive Load)

Beban kognitiferat adalah beban kognitif yang diakibatkan oleh proses kognitif yang relevan dengan pemahaman materi yang sedang dipelajari dan proses konstruksi pengetahuan. Jika tidak ada beban kognitiferat, berarti memori kerja tidak dapat mengorganisasikan, mengkonstruksi, mengkoding, mengelaborasi atau mengintegrasikan materi yang sedang dipelajari sebagai pengetahuan yang tersimpan dengan baik di memori jangka panjang. Sebagian besar dari beban kognitif diasumsikan bahwa sebagai kategori beban kognitif berkurang, beban kognitiferat secara otomatis akan meningkat karena peserta didik akan mencurahkan upaya yang sama untuk belajar terlepas dari efektifitas pelajaran.