Diperbarui tanggal 19/02/2023

Produktivitas Kerja

kategori Ekonomi Pembangunan / tanggal diterbitkan 17 Desember 2022 / dikunjungi: 206 kali

Produktivitas kerja adalah ukuran efisiensi produksi atau tingkat kinerja pekerjaan yang dicapai oleh individu atau tim dalam jangka waktu tertentu. Produktivitas kerja biasanya diukur dengan membandingkan jumlah output atau hasil yang dihasilkan dengan jumlah input atau sumber daya yang digunakan. Sebagai contoh, jika seorang pekerja dapat memproduksi 100 unit produk dalam waktu 8 jam dengan menggunakan 2 orang karyawan dan 1 mesin, maka produktivitas kerjanya adalah 100 unit per 8 jam, atau 12,5 unit per jam. Produktivitas kerja yang tinggi menunjukkan bahwa seorang pekerja atau tim dapat memproduksi lebih banyak hasil dengan menggunakan jumlah sumber daya yang lebih sedikit atau dalam waktu yang lebih singkat.

Produktivitas kerja sangat penting bagi organisasi atau perusahaan, karena dapat membantu meningkatkan efisiensi dan profitabilitas. Dalam skala individu, produktivitas kerja yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan karir dan mendapatkan penghargaan dari atasan atau pihak yang memantau kinerja kerja. Setiap industri ataupun perusahaan selalu berusaha agar karyawan bisa berprestasi dalam bentuk memberikan produktivitas kerja yang maksimal. Produktivitas kerja karyawan bagi suatu perusahaan sangatlah penting sebagai alat pengukur keberhasilan dalam menjalankan usaha. Karena semakin tinggi produktivitas kerja karyawan dalam perusahaan, berarti laba perusahaan dan produktivitas akan meningkat.

Produktivitas mengandung pengertian filosofi dan definisi kerja. Secara filosofis, produktivitas merupakan pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan. Keadaan hari ini harus lebih baik dari kemarin dan mutu kehidupan besok harus lebih baik dari hari ini. Pandangan hidup dan sikap mental yang demikian akan mendorong manusia untuk tidak cepat merasa puas, tetapi terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan kerja. Secara definisi kerja, produktivitas merupakan perbandingan antara hasil yang dicapai ( keluaran) dengan keseluruan sumber daya (masukan) yang dipergunakan per satuan waktu. Definisi kerja ini mengandung cara atau metode pengukuran (Arfida,2003). Menurut Hasibuan dalam Edyun (2012) produktivitas adalah meningkatnya output (hasil) yang sejalan dengan input (masukan). Jika produktivitas naik ini hanya dimungkinkan oleh adanya peningkatan efesiensi (waktu,bahan,tenaga) dan sistem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilan dari tenaga kerjanya.

International Labour Organization (ILO) yang dikutip oleh Hasibuan (2008) mengungkapkan bahwa secara lebih sederhana maksud dari produktivitas adalah perbandingan secara ilmu hitung antara jumlah yang dihasilkan dan jumlah setiap sumber yang dipergunakan selama produksi berlangsung. Menurut Kussrianto (dalam Sutrisno) produktivitas dapat didefenisikan sebagai perbandingan antara hasil yang di capai dengan peran serta tenaga kerja per satu waktu. Peran serta tenaga kerja disini adalah penggunaan sumber daya serta efesiensi dan efektif. Produktivitas kerap sekali digunakan sebagai suatu bahasa dalam dunia usaha sebagai bahasa perusahaan. Semakin kita memahami bahasa produktivitas maka kita akan semakin mengerti bagaimana peran dan fungsi dari produktivitas bagi sebuah usaha maupun perusahaan.

Menurut Singgodimejo (dalam Sutrisno 2009) mengemukakan rumusan umum dari produktivitas mengandung pengertian perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan (input). Atau didefenisikan sebagai indeks produktivitas yaitu :