Diperbarui tanggal 15/07/2016

Pengertian PHP

kategori PHP / tanggal diterbitkan 15 Juli 2016 / dikunjungi: 7.40rb kali

Hypertext Preprocessor atau dikenal dengan PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page.  PHP pertama kali dibuat pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf . Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

PHP tergolong sebagai bahasa pemrograman yang berbasis server (server side scripting). Hal ini berarti bahwa seluruh script php diletakan di computer server dan diterjemahkan oleh web server terlebih dahulu sebelum dikirim ke browser client. Secara teknologi bahasa pemrograman PHP memiliki kesamaan dengan bahasa ASP (Active Server Page),Cold Fusion, JSP (Java Server Page), ataupun Perl. Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web lainnya yaitu:

  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Berikut adalah contoh dokumen sederhana yang ditulis dengan menggunakan PHP.

<?php
$total = 0;
while ($total < 10)
{
   $total= $total + 1;
}
   echo  $total;
?>