Diperbarui tanggal 5/06/2022

Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Show and Tell

kategori Metode Pembelajaran / tanggal diterbitkan 5 Juni 2022

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan. Pada usia ini anak mengalami masa peka yang disebut masa keemasan atau golden ages. Masa ini adalah masa dimana anak dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional secara optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak, agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal dan tidak mengalami hambatan atau keterlambatan dalam perkembangannya. Salah satu aspek perkembangan yang menekankan pada kemampuan anak dalam mengolah emosinya dan bersosialisasi yakni perkembangan sosial emosional.

Menurut Susanto (2011: 133) perkembangan sosial dan emosional merupakan dua aspek yang berlainan, namun pada nyatanya kedua aspek tersebut saling mempengaruhi. Perkembangan sosial sangat erat kaitannya dengan perkembangan emosional. Perkembangan ini pada anak usia dini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pembiasaan berperilaku dan bersikap baik merupakan salah satu cara untuk mengembangkan perilaku sosial emosional anak. Hal inilah, yang menjadi dasar utama mengembangkan perilaku sosial dan emosional dalam mengarahkan pribadi anak yang sesuai dengan nilai yang dijunjung tinggi dalam masyarakat. Perilaku sosial dan emosional yang diharapkan dari anak usia dini ialah perilaku-perilaku baik, seperti kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, jujur, adil setia kawan, sifat kasih sayang terhadap sesama dan memiliki toleransi yang tinggi (Susanto, 2011: 134).

Untuk mengembangkan keterampilan- keterampilan tersebut dibutuhkan metode yang menyenangkan bagi anak sehingga anak dapat mengungkapkan kemampuan, perasaan dan keinginannya. Menurut Romadhini (2016: 5) metode show and tell dapat berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak. Hal ini tentu berkaitan dengan keterampilan anak usia empat tahun tentang perilaku sosial emosional meliputi percaya diri sepenuhnya pada kemampuannya sendiri untuk melakukan segalanya (Aurerbach dalam Susanto, 2011:144). Menurut Webbervilleschools (Musfiroh 2011: 130) metode show and tell dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak. salah satunya yaitu mampu mengembangkan kecakapan sosial dalam berbagai aspeknya, terutama listening attentively dan speaking in turn. Kecakapan sosial pada anak memiliki peran penting salah satunya yaitu untuk menerapkan pembiasaan, sifat dan sikap empati.

Menurut Suyanto (Ningsih, 2014 :31) menyatakan bahwa show and tell adalah metode yang digunakan untuk mengungkapkan kemampuan, perasaan dan keinginan anak. Hal ini berkaitan dengan keterampilan anak usia empat tahun. Menurut Auerbach (Susanto, 2011:144) salah satu keterampilan perilaku sosial emosional anak yaitu anak ingin diyakini sebagai orang yang kuat, terampil dan mampu. Menurut tim Teacheranitores (Musfiroh 2011: 132) show and tell meransang anak untuk berminat pada lingkungannya, lebih mengenal orang lain dan atribut di sekelilingmya. Hal ini mendorong anak untuk memiliki rasa tanggug jawab sosial.

Daftar Pustaka

Agusniatih, A. dan Monepa, J.M. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasimalaya: Edu Publisher

Musfiroh, Takdiron. 2011. Show And Tell Edukatif Untuk Pengembangan Empati, Afliasi-Resolusi Konflik, Dan Kebiasaan Psotof Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Volume 41, Nomor 2, Halaman 129-143

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecedasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Arruz-Media

Yanti,G dan Suyatno. 2018. Penerapan Program Pembelajaran Show and Tell Dalam Gerakan Literasi Sekolah di SD Muammadiyah Condongcatur. Fundamental Pendidikan Dasar. Volume 03. Nomor 3. Halaman 191-200