Diperbarui tanggal 30/05/2021

Model Penyajian Elearning

kategori E-Learning / tanggal diterbitkan 15 Juli 2016 / dikunjungi: 3.16rb kali

Menurut The Concord Consortium ada sembilan karakteristik kunci model penyajian e learning yang berkualitas, yaitu: (1) asynchronous  collaboration, (2) explicit schedules, (3) expert facilitation, (4) inquiry pedagogy, (5) community building, (6) limited enrollment, (7) high quality material, (8) purposeful virtual spaces, dan (9) ongoing assessment.

Informasi yang diperoleh dari karakteristik model penyajian e learning tersebut antara lain : (1) pengguna tidak harus mengakses e learning secara bersamaan, (2) pengguna dapat melakukan sharing seputar pengalaman dan pemahamannya, (3) pembelajaran online harus dilaksanakan oleh orang yang memiliki kualifikasi khusus dalam pembelajaran online, (4) pengguna sebaiknya terdiri 12 sampai 25 orang di dalam suatu kelas agar mudah diatur dalam pembelajaran kolaboratif, (5) desainer melengkapi e-learning dengan berbagai media dengan cakupan yang luas, disertai petunjuk aktivitas pengguna sesuai gaya belajar yang berbeda, dan (6) penilaian online berlangsung secara berkelanjutan, dimana guru memperoleh bukti-bukti ketercapaian belajar dari pengguna melalui partisipasinya selama diskusi harian.

Saat ini e learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer Based Intruction), distance learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Video Conference, ILS (Integrated Learning System), LCC (Learner Centered Classroom). Teleconference, dan WBR (Web Based Training)