Diperbarui tanggal 23/05/2022

Lembar Observasi Identifikasi Pengelolaan Lingkungan Belajar Indoor pada Taman Kanak-Kanak

kategori Instrument Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini / tanggal diterbitkan 23 Mei 2022 / dikunjungi: 2.24rb kali

A. Identitas Sekolah

Nama Sekolah :
Alamat             :

B. Petunjuk Pengisisan

  1. Lembar Observasu ini dibuat untuk mengidentifikasi pengelolaan lingkungan belajar indoor pada sentra bermain peran di Taman Kanak-kanak.
  2. Berikan tanda (√) pada jawaban yang dianggap sesuai dengan kondisi yang ada.
NoPertanyaanJawaban
AdaTidak Ada
APrinsip-prinsip pengelolaan lingkungan belajar  
1Apakah perencanaan program tersedia meliputi program tahunan, RPPH, visi dan misi.  
2Apakah tersedia pengorganisasian meliputi struktur organisasi, tata tertib dan kode etik.  
3Apakah pelaksanaan rencana kerja tersedia.  
4Apakah terdapat pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil dari pengawasan.  
BStandar sarana dan prasarana  
5Apakah tersedia luas lahan lebih dari 300 m²  
6Apakah tersedia ruang kegiatan yang aman dan sehat serta tersedia fasilitas cuci tangan dan air bersih. untuk anak.  
7Apakah di sekolah tersedia ruang guru.  
8Apakah tersedia ruang kepala sekolah.   
9Apakah tesedia ruang UKS beserta kelengkapannya di sekolah   
10Apakah tersedia jamban dengan air bersih yang mudah di jangkau oleh anak dengan pengawasan guru.   
11Apakah tersedia ruang lain yang relevan bagi kebutuhan kegiatan anak.   
12Apakah tersedia alat permainan edukatif yang aman dan sehat bagi anak sesuai dengan SNI.  
13Apakah tersedia fasilitas bermain di dalam ataupun di luar ruangan yang aman dan sehat.  
14Apakah tersedia tempat sampah yang tertutup dan tidak tercemar dan di kelola setiap hari.  
CPrinsip umum penataan ruangan indoor  
15Apakah tersedia ruangan yang mengarah ke arah datangnya matahari.   
16Apakah tersedia ruangan yang dengan ukuran kurang lebih 105 cm².  
17Apakah tersedia lantai yang menggunakan karpet untuk mengurangi resiko kecelakaan.   
18Apakah tersedia atap dan langit-langit yang ideal yaitu memiliki ketinggian berbeda.   
19Apakah tersedia pajangan hasil karya anak yang di pajang di dinding serta memiliki warna dinding yang halus seperti warna yang tidak terlalu mencolok.   
DPenataan ruangan dan perlengkapan in-door   
20Apakah terdapat ruangan untuk setiap usia anak.  
21Apakah tersedia ruangan yang memfasilitasi anak bermain sendiri, kelompok kecil dan kelompok  
22Apakah tersedia ruang Sentra balok dan sentra main peran yang saling berdekatan   
23Apakah tersedia ruang Sentra seni dan sentra bahan alam yang saling berdekatan.  
24Apakah tersedia rak buku yang di tempatkan di setiap sentra atau di tempat tertentu yang mudah di jangkau anak.  
25Apakah tersedia Sentra musik dan gerak lagu yang berada di tempat pijakan sebelum main tempat anak berkumpul.  
26Apakah Sentra di susun lebih fleksibel agar dapat di ubah sesuai kebutuhan.  
27Apakah Cahaya, sirkulasi udara, sanitari, lantai/karpet bebas dari kutu, jamur, dan debu tersedia  
28Apakah Penggunaan cat tembok dan kayu tidak mudah luntur saat di pegang anak tersedia.  
29Apakah tersedia stop kontak yang jauh dari jangkauan anak.  
30Apakah tersedia Pegangan pintu setinggi jangkauan anak kecuali pintu pagar   
31Apakah dinding yang tidak di lukis secara permanen dan perabotan serta dinding menggunakan warna natural tersedia.  
32Apakah ruangan yang bebas dari asap rokok, bahan pestisida dan toxin tersedia.  
33Apakah ruangan terbebas dari bahan mudah terbakar dan rapuh tersedia.  
EPengelolaan lingkungan belajar di sentra bermain peran  
34Apakah tersedia berbagai miniatur mainan  
35Apakah terdapat berbagai mainan alat rumah tangga.  
36Apakah tersedia berbagai mainan alat kedokteran baik kecil ataupun besar.  
37Apakah tersedia berbagai mainan mini alat transportasi.  
38Apakah tersedia mainan untuk pasar-pasaran.   
39Apakah tersedia mainan untuk kegiatan pantai.  
40Apakah tersedia mainan untuk kegiatan nelayan.  
41Apakah tersedia kamera dan telepon mainan.  
42Apakah tersedia kostum (binatang, kaca mata, sayap bidadari, topi, kostum profesi).   
43Apakah tersedia perlengkapan pekerjaan masyarakat/ profesi (tas dokter dan stestokop mainan.  
44Apakah tersedia furnitur boneka atau mainan rumah tangga ( boneka, kulkas, kompor, panci, wajan, piring plastik, setrika, sapu, pengki, lap, makanan / buah maianan).  
45Apakah tersedia pakaian seperti rok panjang, kemeja, celana, sepatu, peci, topi, pita, dompet dan bahan pakaian.  
46Apakah tersedia alat atau perkakas seperti stir, kunci-kunci bengkel, kunci rumah, kran air, pipa, mesin hitung uang, uang mainan, dan kertas berlobang untuk tiket.  
47Apakah tersedia miniatur rumah boneka, perkebunan, perkantoran, masyarakat, stasiun dan lain-lain.  
48Apakah tersedia cermin setinggi anak.  
49Apakah tersedia layar mainan, dan rumah papan  
50Apakah tersedia wayang golek dan panggungnya.