Diperbarui tanggal 23/05/2022
Lembar Observasi Identifikasi Pengelolaan Lingkungan Belajar Indoor pada Taman Kanak-Kanak
A. Identitas Sekolah
Nama Sekolah :
Alamat :
B. Petunjuk Pengisisan
- Lembar Observasu ini dibuat untuk mengidentifikasi pengelolaan lingkungan belajar indoor pada sentra bermain peran di Taman Kanak-kanak.
- Berikan tanda (√) pada jawaban yang dianggap sesuai dengan kondisi yang ada.
No | Pertanyaan | Jawaban | |
Ada | Tidak Ada | ||
A | Prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan belajar | ||
1 | Apakah perencanaan program tersedia meliputi program tahunan, RPPH, visi dan misi. | ||
2 | Apakah tersedia pengorganisasian meliputi struktur organisasi, tata tertib dan kode etik. | ||
3 | Apakah pelaksanaan rencana kerja tersedia. | ||
4 | Apakah terdapat pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil dari pengawasan. | ||
B | Standar sarana dan prasarana | ||
5 | Apakah tersedia luas lahan lebih dari 300 m² | ||
6 | Apakah tersedia ruang kegiatan yang aman dan sehat serta tersedia fasilitas cuci tangan dan air bersih. untuk anak. | ||
7 | Apakah di sekolah tersedia ruang guru. | ||
8 | Apakah tersedia ruang kepala sekolah. | ||
9 | Apakah tesedia ruang UKS beserta kelengkapannya di sekolah | ||
10 | Apakah tersedia jamban dengan air bersih yang mudah di jangkau oleh anak dengan pengawasan guru. | ||
11 | Apakah tersedia ruang lain yang relevan bagi kebutuhan kegiatan anak. | ||
12 | Apakah tersedia alat permainan edukatif yang aman dan sehat bagi anak sesuai dengan SNI. | ||
13 | Apakah tersedia fasilitas bermain di dalam ataupun di luar ruangan yang aman dan sehat. | ||
14 | Apakah tersedia tempat sampah yang tertutup dan tidak tercemar dan di kelola setiap hari. | ||
C | Prinsip umum penataan ruangan indoor | ||
15 | Apakah tersedia ruangan yang mengarah ke arah datangnya matahari. | ||
16 | Apakah tersedia ruangan yang dengan ukuran kurang lebih 105 cm². | ||
17 | Apakah tersedia lantai yang menggunakan karpet untuk mengurangi resiko kecelakaan. | ||
18 | Apakah tersedia atap dan langit-langit yang ideal yaitu memiliki ketinggian berbeda. | ||
19 | Apakah tersedia pajangan hasil karya anak yang di pajang di dinding serta memiliki warna dinding yang halus seperti warna yang tidak terlalu mencolok. | ||
D | Penataan ruangan dan perlengkapan in-door | ||
20 | Apakah terdapat ruangan untuk setiap usia anak. | ||
21 | Apakah tersedia ruangan yang memfasilitasi anak bermain sendiri, kelompok kecil dan kelompok | ||
22 | Apakah tersedia ruang Sentra balok dan sentra main peran yang saling berdekatan | ||
23 | Apakah tersedia ruang Sentra seni dan sentra bahan alam yang saling berdekatan. | ||
24 | Apakah tersedia rak buku yang di tempatkan di setiap sentra atau di tempat tertentu yang mudah di jangkau anak. | ||
25 | Apakah tersedia Sentra musik dan gerak lagu yang berada di tempat pijakan sebelum main tempat anak berkumpul. | ||
26 | Apakah Sentra di susun lebih fleksibel agar dapat di ubah sesuai kebutuhan. | ||
27 | Apakah Cahaya, sirkulasi udara, sanitari, lantai/karpet bebas dari kutu, jamur, dan debu tersedia | ||
28 | Apakah Penggunaan cat tembok dan kayu tidak mudah luntur saat di pegang anak tersedia. | ||
29 | Apakah tersedia stop kontak yang jauh dari jangkauan anak. | ||
30 | Apakah tersedia Pegangan pintu setinggi jangkauan anak kecuali pintu pagar | ||
31 | Apakah dinding yang tidak di lukis secara permanen dan perabotan serta dinding menggunakan warna natural tersedia. | ||
32 | Apakah ruangan yang bebas dari asap rokok, bahan pestisida dan toxin tersedia. | ||
33 | Apakah ruangan terbebas dari bahan mudah terbakar dan rapuh tersedia. | ||
E | Pengelolaan lingkungan belajar di sentra bermain peran | ||
34 | Apakah tersedia berbagai miniatur mainan | ||
35 | Apakah terdapat berbagai mainan alat rumah tangga. | ||
36 | Apakah tersedia berbagai mainan alat kedokteran baik kecil ataupun besar. | ||
37 | Apakah tersedia berbagai mainan mini alat transportasi. | ||
38 | Apakah tersedia mainan untuk pasar-pasaran. | ||
39 | Apakah tersedia mainan untuk kegiatan pantai. | ||
40 | Apakah tersedia mainan untuk kegiatan nelayan. | ||
41 | Apakah tersedia kamera dan telepon mainan. | ||
42 | Apakah tersedia kostum (binatang, kaca mata, sayap bidadari, topi, kostum profesi). | ||
43 | Apakah tersedia perlengkapan pekerjaan masyarakat/ profesi (tas dokter dan stestokop mainan. | ||
44 | Apakah tersedia furnitur boneka atau mainan rumah tangga ( boneka, kulkas, kompor, panci, wajan, piring plastik, setrika, sapu, pengki, lap, makanan / buah maianan). | ||
45 | Apakah tersedia pakaian seperti rok panjang, kemeja, celana, sepatu, peci, topi, pita, dompet dan bahan pakaian. | ||
46 | Apakah tersedia alat atau perkakas seperti stir, kunci-kunci bengkel, kunci rumah, kran air, pipa, mesin hitung uang, uang mainan, dan kertas berlobang untuk tiket. | ||
47 | Apakah tersedia miniatur rumah boneka, perkebunan, perkantoran, masyarakat, stasiun dan lain-lain. | ||
48 | Apakah tersedia cermin setinggi anak. | ||
49 | Apakah tersedia layar mainan, dan rumah papan | ||
50 | Apakah tersedia wayang golek dan panggungnya. |