Diperbarui tanggal 21/03/2022

Kesadaran Politik

kategori Pancasila dan Kewarganegaraan / tanggal diterbitkan 21 Maret 2022 / dikunjungi: 6.27rb kali

Pengertian Kesadaran Politik

Secara bahasa kesadaran politik adalah gabungan dua buah kata yang berbeda jika dilihat dari segi makna. Kesadaran dapat diartikan sebagai keadaan tahu, mengerti, dan merasa terhadap suatu persoalan peristiwa. Sementara politik dapat diartikan sebagai usaha untuk menggapai kehidupan yang lebih baik. Jadi jika kata kesadaran dan kata politik disatukan menjadi kesadaran politik maka dapat diartikan sebagai keadaan tahu, mengerti, dan merasa tentang cara-cara atau usaha untuk menggapai kehidupan yang lebih baik. Namun secara istilah seorang pakar ilmu politik, Surbakti (2010:184) mendefinisikan kesadaran politik adalah kesadaran setiap orang terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan seseorang tentang lingkungan dan politik, dan berkaitan juga dengan minat dan perhatian seseorang terhadap masyarakat dan politik di lingkungan dia hidup.

Pendapat berbeda disampaikan oleh Milbiath (dalam Fatwa, 2016:1618) mengatakan bahwa kesadaran politik merupakan kesadaran warga negara baik individu maupun kelompok untuk turut serta mengikuti kegiatan-kegiatan politik. Kegiatan politik ini dapat berupa kampanye politik, memilih dalam pemilihan umum, melakukan kontak dengan politik, dan lain-lain. Namun kesadaran untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan politik, tidak serta-merta tumbuh dengan sendirinya, karena kesadaran harus dibangun melalui sebuah pengetahuan. Seseorang dapat dikatakan sadar apabila seseorang tersebut mengetahui perbuatan apa yang sedang ia lakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, Ruslan (dalam Winarti, 2017:14-15) kesadaran politik adalah berbagai bentuk pengetahuan, orientasi dan nilai-nilai yang membentuk wawasan politik individu, ditinjau dari keterkaitannya dengan kekuasaan politik.

Kesadaran politik adalah salah satu variabel yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya partisipasi politik. Menurut Surbakti (2010:184) semakin sadar seseorang atau masyarakat terhadap politik maka akan semakin tinggi pula tingkat partisipasi politiknya. Demikian sebaliknya, semakin rendah tingkat kesadaran politik, maka akan semakin rendah pula tingkat partisipasi politiknya. Selain itu menurut Budiardjo (2008:369) semakin sadar seseorang bahwa dirinya dipimpin, maka seseorang akan menuntut diberikan hak untuk bersuara guna untuk mempengaruhi pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Sehingga berdasarkan penjelasan diatas, maka kesadaran politik merupakan faktor dominan yang sangat mempengaruhi partisipasi politik seseorang atau sekelompok orang di dalam suatu wilayah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Politik

Kesadaran seseorang terhadap politik memang sangat penting, karena kesadaran politik merupakan salah satu variabel yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik seseorang, semakin sadar seseorang terhadap politik maka akan semakin tinggi pula intensitasnya untuk berpartisipasi dalam politik. Menurut Budiardjo (2008:369) kesadaran politik sangat mempengaruhi tingkat partisipasi politik, karena semakin sadar seseorang bahwa ia diperintah, seseorang tentunya akan menuntut untuk diberikan hak untuk bersuara dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kesadaran yang semacam ini tentunya dimulai dari orang-orang yang berpendidikan, yang memiliki kehidupan layak, dan terkemuka. Oleh karena itu, Surbakti (2010:185) menyebutkan kesadaran politik bukanlah variabel yang mampu berdiri sendiri, karena dibutuhkan variabel lain agar terciptanya sebuah kesadaran politik.

Faktor-faktor yang dipercaya mampu mempengaruhi tinggi rendahnya partisipasi politik adalah status sosial dan status ekonomi. Seseorang yang memiliki status sosial tinggi dalam masyarakat misalnya memiliki jabatan struktural tertentu dalam masyarakat, atau orang yang dianggap penting dan berpengaruh dalam masyarakat cenderung memiliki tingkat partisipasi politik yang tinggi, begitupun sebaliknya. Sama halnya dengan status ekonomi seseorang, seseorang dengan tingkat perekonomian tinggi memiliki kecenderungan untuk aktif dalam kegiatan politik, sementara orang yang memiliki tingkat perekonomian rendah biasanya memiliki kecenderungan untuk lebih memilih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ketimbang berpartisipasi dalam politik. Sementara faktor lain dinilai mampu mempengaruhi tingkat partisipasi politik menurut Surbakti adalah afiliasi politik orang tua dan pengalaman dalam berorganisasi, seringkali afiliasi politik orang tua memberikan pengaruh aktif atau tidaknya seseorang dalam partisipasi politik. Faktor-faktor tersebut adalah faktor yang mempengaruhi kesadaran politik seseorang, jika faktor-faktor tersebut lekat dengan diri seseorang maka dimungkinkan seseorang memiliki kesadaran politik yang tinggi, namun apabila faktor-faktor tersebut tidak melekat pada seseorang maka dapat menyebabkan rendahnya kesadaran politik seseorang.

Indikator Kesadaran Politik

Untuk mengukur tingkat kesadaran politik seseorang, diperlukan sebuah indikator yang dapat digunakan sebagai acuan pengukuran kesadaran politik. Untuk dapat mengukur tingkat kesadaran politik masyarakat, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan definisi kesadaran politik yang disampaikan oleh Surbakti (2010:184) yang mendefinisikan kesadaran politik adalah kesadaran setiap orang terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan seseorang tentang lingkungan dan politik, dan berkaitan juga dengan minat dan perhatian seseorang terhadap masyarakat dan politik di lingkungan dia hidup. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diperoleh indikator yang dapat digunakan untuk mengukur indikator kesadaran politik adalah sebagai berikut:

  1. Pengetahuan seseorang tentang lingkungan masyarakat dan politik. Pengetahuan politik secara sederhana dapat diartikan sebagai pengetahuan seseorang yang berkaitan dengan definisi, tujuan, dan juga pengetahuan dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan politik serta menerapkan apa yang ia ketahui tentang politik dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Minat dan perhatian seseorang terhadap lingkungan masyarakat dan politik tempat dia hidup. Minat dan perhatian terhadap masyarakat dan politik di lingkungan dia hidup adalah sikap antusias terhadap hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan masyarakat dalam politik serta mengikuti setiap kegiatan politik yang terjadi dalam masyarakat tempat di hidup.

Dari beberapa uraian mengenai kesadaran politik dapat disintesiskan bahwa kesadaran politik adalah pengetahuan seseorang dan mengerti secara sadar akan semua hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Adapun indikator yang terdapat dalam kesadaran politik tersebut adalah:

  1. pengetahuan seseorang tentang lingkungan masyarakat dan politik:
    1. Pengetahuan tentang definisi politik, tujuan politik, dan kegiatan-kegiatan politik;
    2. Menerapkan pengetahuan politik dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Minat dan perhatian seseorang terhadap lingkungan masyarakat dan politik di tempat hidupnya:
    1. Antusias terhadap perkembangan politik dalam masyarakat;
    2. Mengikuti kegiatan politik dalam masyarakat di tempat hidupnya.