Diperbarui tanggal 15/07/2016

Framework PHP

kategori PHP / tanggal diterbitkan 15 Juli 2016 / dikunjungi: 2.73rb kali

Framework atau dalam bahasa Indonesia yaitu kerangka kerja dapat diartikan sebagai kumpulan dari library (Class) yang bisa diturunkan, atau bisa langsung dipakai fungsinya oleh modul-modul atau fungsi yang akan kita kembangkan (Septian, 2011:7). Framework merupakan sekumpulan fungsi, class dan aturan yang bersifat menyeluruh mengatur bagaimana kita membangun aplikasi. Framework memungkinkan untuk membangun sebuah aplikasi dengan lebih cepat. Karena pengembang hanya akan memfokuskan pada pokok permasalahan yang diminta untuk sebuah aplikasi, sedangkan hal-hal penunjang lainnya seperti koneksi database, form validation, GUI dan security, umumnya telah disediakan oleh framework.

Kelebihan dalam mengembangkan aplikasi dengan menggunakan framework yaitu:

  1. Akan lebih mempermudah dalam memahami mekanisme kerja sebuah aplikasi. Hal tersebut tentunya akan membantu proses pengembangan yang dilakukan secara tim.
  2. Dengan memakai framework akan menghemat waktu pengerjaan suatu aplikasi, karena setiap anggota sudah memiliki sebuah acuan dalam menyelesaikan modul. Dalam hal ini misalnya semakin banyak library yang ada maka akan semakin cepat anggota tim dalam menemukan solusi pkarena tidak setiap anggota harus membuat class atau fungsi untuk kasus yang relatif sama.

Framework PHP dalah sebuah lingkungan pengembangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang berisi sejumlah class yang telah dibuat agar dapat digunakan kembali dalam membuat aplikasi. Berbagai jenis class dalam framework kemungkinan besar berbeda antara framework yang satu dengan yang lainnya sesuai dengan tujuan dari framework tersebut. Sebagai besar Framework PHP yang tersedia saat ini berbasis MVC (model view controller). Ini adalah framework yang modern dimana MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. Ini akan meminimalkan script dari halaman-halaman web dimana scrip presentasi (HTML, CSS dan JavaScript) dipisahkan dari PHP Scripting. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari spaghetti code. Berikut adalah beberapa framework PHP yang banyak digunakan oleh para pengembang web pada saat ini:

  1. CodeIgniter adalah sebuah framework aplikasi untuk membuat halaman atau aplikasi web berbasis PHP. Selain mudah digunakan, Code Igniter juga sangat cepat dan ringan. Dokumentasinya yang lengkap membuat framework ini mudah untuk dipelajari oleh pemula.
  2. Yii adalah kerangka kerja PHP berbasis-komponen dengan performansi tinggi untuk pengembangan aplikasi web berskala-besar. Ia menyediakan resuabilitas maksimum dalam pemrograman web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan kelebihan Yii melampaui framework PHP lain dalam hal efisiensi, kaya-fitur, dan didokumentasikan dengan jelas. Yii didesain dengan hati-hati dari awal agar sesuai untuk pengembangan aplikasi web secara serius.
  3. Zend Framework adalah framework open source dan berkualitas tinggi untuk membangun aplikasi web dan web service dengan PHP”