Diperbarui tanggal 15/07/2016
Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Web
Sebagaimana media pembelajaran lainnya pembelajaran dengan menggunakan web juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pembelajaran berbasis web yaitu:
- Memungkinkan setiap orang dimanapun dan kapanpun untuk belajar.
- Peserta didik dapat belajar sesuai dengan karakteristik dirinya sendiri karena bersifat individual.
- Kemampuan untuk membuat tautan (link), sehingga peserta didik dapat mengakses informasi dari berbagai sumber, baik didalam maupun diluar lingkungan belajar.
- Sangat potensial sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang tidak memiliki waktu untuk belajar.
- Dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan mandiri dalam belajar.
- Menyediakan sumber balajar tambahan yang dapat digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran.
- Isi dari materi pelajaran dapat di perbarui dengan mudah.
Rusman (2009:118) berpendapat bahwa terdapat lima kelebihan dari pembelajaran berbasis web yaitu:
- Access is available anytime, anywhere, around the globe.
- Student equipment cost are affordable.
- Student tracking is made easy
- Possible “learning object” architecture supports on demand personalized learning.
- Contentisealy update.
Sedangkan kekurangan dari pembelajaran berbasis web yaitu:
- Keberhasilan pembelajaran berbasis web bergantung pada kemandirian dan motivasi belajar
- Akses untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan web seringkali menjadi masalah bagi peserta didik
- Pembelajar dapat cepat merasa bosan dan jenuh jika mereka tidak dapat mengakses informasi, dikarenakan tidak memiliki peralatan yang memadai terutama bandwith yang tidak cukup.
- Dibutuhkannya panduan bagi pembelajar untuk mencari informasi yang relevan, dikarenakan informasi yang terdapat didalam web sangat beragam.
- Dengan menggunakan pembelajaran berbasis web, peserta didik terkadang merasa terisolasi, terutama jika terdapat keterbatasan dalam fasilitas komunikasi.
Rusman (2009:122) menyatakan bahwa kelemahan terbesar pembelajaran berbasis web adalah kurangnya interaksi langsung antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa. Hal ini akan berdampak besar kepada siswa, karena walaupun mereka dapat berkomunikasi secara synchoronous melaui live chat atau asynchronous melalui email/forum diskusi, tetap saja interaksi antar manusia secara langsung tidak tergantikan.