Diperbarui tanggal 30/05/2024

Strategi Pembelajaran Team quiz

kategori Strategi Pembelajaran / tanggal diterbitkan 30 Mei 2024

Pengertian Strategi Pembelajaran Team quiz

Strategi pembelajaran sama dengan metode atau cara dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang direncanakan atau diharapkan. Strategi pembelajaran yaitu langkah dari menetapkan seluruh faktor yang berhubungan dengan penggapaian tujuan dari pembelajaran yang diharapkan, seperti perencanaan, pelaksanaan dan penilaian untuk memuat aspek aspek pembelajaran yang merangkup menjadi rencana saat melakukan proses pembelajaran tersebut. Strategi pembelajaran kegiatan yang dijalankan oleh tenaga pendidik dan peserta didik dengan beberapa metode tertentu dan mengorganisasikan aspek pelaksanaan pembelajaran secara baik, untuk efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran (Panggabean., dkk, 2021:4). Ini juga sejalan dengan yang dikatakan oleh (Trianto, 2009:17) bahwa “pembelajaran itu ialah koneksi dari dua arah yaitu antara pendidik dengan peserta didik, yang mana keduanya menjalin komunikasi yang searah menuju ke target yang sesuai dengan yang direncakan.”

Proses pembelajaran aktif ini mengikutsertakan peserta didik agar berperan secara aktif dalam proses pembelajaran dengan menitikberatkan pada keaktifan serta potensi partisipasi peserta didik guna menggapai tujuan pendidikan yang diharapkan dalam aspek kognitif, afektif dan juga psikomotor. Menurut (Samadhi, 2009: 2) pembelajaran aktif juga dikenal dengan kegiatan pembelajaran yang menjurus pada peserta didik agar dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran tersebut melalui kontak antar peserta didik dan pendidik melalui proses pembelajaran yang berlangsung. Sementara itu (Lailah, 2003: 25) berpendapat bahwa pembelajaran aktif merupakan kegiatan pembelajaran dengan beragam rancangan yang digunakan serta berpusat pada keaktifan peserta didik dari menghubungkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, baik yang bersifat fisik, mental, emosional sekalipun intelektual guna menggapai tujuan pendidikan yang memiliki kaitan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara optimal.

Menurut Silbermen (2006: 175), strategi pembelajaran aktif tipe Team quiz ini adalah suatu proses pembelajaran dimana peserta didik dilibatkan secara langsung untuk belajar secara aktif dan mendukung sikap tanggung jawab dalam belajar dengan suasana yang menyenangkan, yaitu dengan bekerja sama bersama dalam tim. Strategi team quiz ini juga merupakan teknik atau metode pembelajaran yang mendukung sikap tanggung jawab peserta didik atas apa yang telah dipelajari dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat peserta didik merasa terancam.

Menurut Srijayanti (2014) menggunakan strategi team quiz dalam proses pembelajaran ini menjadikan peserta didik untuk bekerjasama dalam tim dengan mempelajari materi yang diberikan dalam lembar kerja, bertukar pendapat, dan saling tukar pertanyaan serta memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Sesuai dengan tim yang sudah dibagikan, materi akan dibagikan kepada masing masing tim dan setiap tim berkesempatan menjadi tim penanya maupun tim penjawab.
Dari penjelasan tersebut dapat diambil simpulan bahwa, strategi Team quiz merupakan suatu kiat dalam pengoptimalan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang menuntut keaktifan serta kecekatan pemikiran otak peserta didik secara langsung dengan mengerahkan seluruh karakterishalltik personal yang dimiliki oleh peserta didik dalam kerjasama tim.

Langkah Langkah Strategi Team Quiz

Hermanto (2018:527), mengatakan bahwa team quiz adalah strategi pembelajaran dimana peserta didik dilatih untuk belajar dan bekerjasama dalam tim. Pertanyaan akan dilemparkan kepada tim lain jika tim yang ditunjuk tidak bisa menjawab pertanyaan, dan begitu seterusnya hingga semua tim memaparkan presentasi dan memberikan kuis. Yang memaparkan presentasi dan memberikan kuis tidak hanya dari para peserta didik ataupun tim tetapi dapat juga dilakukan oleh tenaga pendidik kemudian kuis tersebut diberikan dengan cara rebutan untuk mendapatkan point terbanyak.

Strategi pembelajaran tipe team quiz ini dimulai dengan memberi penjelasan mengenai materi pelajaran secara singkat, kemudian membagi peserta didik menjadi tiga kelompok besar. Semua anggota dalam kelompok akan bekerja secara tim diawali dengan mempelajari materi yang diberikan dalam lembar kerja, kemudian mendiskusikannya bersama, saling bertukar pendapat masing masing, memberi pertanyaan dan jawaban agar lebih memahami materi tersebut. Dengan seluruh anggota tim memiliki tanggung jawab masing masing inilah peserta didik akan konsentrasi dan fokus pada pekerjaannya masing masing ditambah dengan terbatasnya waktu yang diberikan pada setiap segmen membuat peserta akan tetap fokus pada pemikirannya mengenai tugasnya sendiri. Setelah berdiskusi kelompok tersebut akan diadakan segmen pertandingan akademis. Melalui pertandingan ini akan tercipta persaingan antar tim, dimana para peserta didik akan berusaha belajar dengan motivasi mendapatkan nilai yang sesuai harapan melalui kompetisi (Dalvi, 2016: 40).

Darwanti (2017), berpendapat bahwa teknik team quiz ini sangat sejalan dalam peningkatan proses pembelajaran ipa dikarenakan adanya kompetisi antar tim yang dirancang seperti permainan menjadikan peserta didik aktif dan berfokus pada penyelesaian masalah yang diberikan agar mendapatkan point tambahan dalam kegiatan kuis, pembelajaran menjadi tidak monoton, dan komunikasi berjalan dengan baik, sehingga masing masing peserta didik diharapkan dapat berkonsentrasi dengan materi yang berikan atau fokus pada satu hal yaitu jawaban atas pertanyaan yang berikan, dengan begitu peserta didik menjadi lebih menguasai materi, lebih aktif didalam kelas sehingga fokus peserta didik tidak terpecah pada hal hal yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran yang sedang dibahas serta dapat memecahkan permasalahan yang bervariasi.

Kelebihan dan Kelemahan Strategi Team Quiz

Kelebihan dari Strategi Pembelajaran Team Quiz

  1. meningkatkan konsentrasi,
  2. mengurangi kejenuhan dalam belajar,
  3. melibatkan peserta didik secara maksimal,
  4. mengoptimalkan kualitas proses belajar,
  5. meningkatkan kreativitas personal,
  6. meningkatkan semangat dan minat belajar.

Kelemahan Strategi Pembelajaran Team Quiz

  1. pada saat keributan terjadi, penting untuk memiliki kendali yang erat guna mengatur kondisi kelas,
  2. terkadang hanya satu/beberapa murid yang aktif menjawab, karena dalam permainan kelompok di tuntut untuk cepat menjawab dalam kesempatan kuis singkat,
  3. keterbatasan waktu.

Guna merangsang keaktifan proses pembelajaran peserta didik dikelas diperlukan penggunaan strategi yang tepat agar hasil yang diharapkan tercapai. Hal ini juga sejalan dengan pendapat dari (Kirom, 2011) yakni pembelajaran aktif dengan teknik team quiz ini dapat merangsang keaktifan peserta didik didalam kelas sehingga berpengaruh pada pemahaman konsep yang peserta didik dapat tercapai dengan optimal.