Diperbarui tanggal 15/Nov/2022

Model Pembelajaran Course Review Horay

kategori Model-model Pembelajaran / tanggal diterbitkan 15 November 2022 / dikunjungi: 4.93rb kali

Pengertian Model Pembelajaran Course Review Horay

Menurut Berlin Sani, (2015:80) menyatakan bahwa model pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karen asetiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak “hore” atau yel-yel lainnya yang disepakati. Model pembelajaran Course Review Horay juga merupakan suaru metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman siswa menggunakan soal dimana jawaban soal dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor dan untuk siswa atau kelompok yang mendapatkan jawaban atau tanda dari jawaban yang benar terlebih dahulu harus langsung berteriak “horay” atau menyanyikan yel-yel kelompoknya (Imas Kurniasih, 2015:81).

Pembelajaran Course Review Horay merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar dengan cara mengelompokkan siswa kedalam kelompok-kelompok kecil. Pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay merupakan suatu pembelajaran pengujian terhadap pemahaman konsep siswa dengan menggunakan lembar jawaban berkotak yang mampu memupuk semangat belajar siswa untuk saling bekerja sama dan betanggung jawab dalam kelompok, hingga pada akhirnya setiap siswa dapat mencapai keaktifan belajar yang maksimal (Darmawati, 2011:42).

Langkah-langkah Model Pembelajaran Course Review Horay

Menurut Zainal Aqib (2013:28) langkah-langkah model pembelajaran Course Review Horay, adalah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang dingin dicapai
  2. Guru mendemostrasikan/menyajikan materi
  3. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
  4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh mebuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan furu dan langsung di diskusikan, kalau benar di isi tanda ( ) dan salah di isi tanda silang (x)
  6. Siswa yang sudah mendapat tanda ( ) vertikal atau horizontal, atau diagonal harus berteriak Horay atau yel-yel lainnya
  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah Horay yang diperoleh
  8. Penutup

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Course Review Horay

Menurut Soimin (2014:55), kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh model pembelajaran Course Review Horay adalah:

Kelebihan

Kelebihan Model Pembelajaran Course Review Horay:

  1. Pembelajaran lebih menarik, artinya dengan menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay siswa akan lebih semangat dalam menerima materi yang akan disampaikan oleh guru karena banyak diselingi dengan games ataupun simulasi lainnya.
  2. Mendorong siswa untuk dapat terjun kedalam situasi pemeblajaran, artinya siswa diajak ikut serta dalam melakukan suatu games atau simulasi yang diberikan guru kepada peserta didiknya yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan guru.
  3. Pembelajaran tidak monoton karena diselingi dengan hiburan atau games, dengan begitu siswa tidak akan merasa jenuh yang bisa menjadikannya tidak berkonsentrasi terhadap apa yang dijelaskan oleh guru.
  4. Siswa lebih semangat belajar karena suasana belajar lebih menyenangkan, artinya kebanyakan dari siswa mudah merasakan jenuh apabila metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay mampu membangkitkan semangat belajar teruataman anak Sekolah Menengah Pertama yang notabene masih ingin bermain-main.
  5. Adanya komunikasi dua arah, artinya siswa dengan guru akan mampu berkomunikasi dengan baik, dapat melatih siswa agar dapat berbicara secara kritis, kreatif dan inovatif. Sehingga akan menutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak terjadi interaksi di antara guru dan siswa.

Kekurangan

Sedangkan kekurangan Model Pembelajaran Course Riview Horay adalah:

  1. Siswa aktif dan siswa yang tidak aktif disamakan, artinya guru hanya akan menilai kelompok yang banyak mengatakan Horay. Oleh karena itu, nilai ynag diberikan guru dalam satu kelompok tersebut sama tanpa bisa membedakan mana siswa aktif dan siswa yang tidak aktif.
  2. Adanya peluang yng berlaku curang, artinya guru tidak akan mengontrol siswanya dengan baik apakah ia menyontek atau pun tidak. Guru akan memperhatikan perkelompok yang menjawab Horay, sehingga peluang adanya kecurangan yang sangat besar.