Diperbarui tanggal 25/04/2024
Lembar Observasi Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun
ANGKET OBSERVASI KEMAMPUAN BERPIKIT LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI GAME EDUKASI KIDLO TODDLER GAMES
A. Identitas anak
Nama Anak :
Umur :
Kelas :
Jenis kelamin : Perempuan/ Laki-laki
Nama guru Kelas :
Tanggal pengisian :
II. Petunjuk Pengisian
- Angket ini dibuat untuk menganalisis indikator kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun, dalam angket ini tidak ada jawaban yang benar atau salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan anak yang sebenarnya.
- Berikan tanda (?) pada pertanyaan sesuai dengan keadaan anak
- Jawablah dengan cermat setiap poin yang ditanyakan dan jawablah dengan jujur.
Untuk pertanyaan positif (+)
SS : Sangat Setuju = 5 SS
S : Setuju = 4
KS : Kurang Setuju = 3
TS : Tidak Setuju = 2
STS : Sangat Tidak Setuju = 1
Untuk pertanyaan negatif (-)
SS : Sangat Setuju = 1
S : Setuju = 2
KS : Kurang Setuju = 3
TS : Tidak Setuju = 4
STS : Sangat Tidak Setuju = 5
No | +/- | Pertanyaan | Jawaban | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | + | Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan fungsinya secara tepat setelah diberikan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
2 | + | Anak mampu membedakan benda berdasarkan fungsinya dengan benar melalui media game edukasi kidlo toddler games | |||||
3 | - | Anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan fungsinya dengan tepat setelah diberikan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak kurang memperhatikan saat guru menjelaskan | |||||
4 | + | Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
5 | + | Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan optimal dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya | |||||
6 | - | Anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
7 | + | Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan warnanya setelah di ajarkan guru melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
8 | + | Anak dapat membedakan benda berdasarkan warna melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
9 | - | Anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan warnanya setelah di ajarkan guru melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak kurang bersemangat saat pembelajaran | |||||
10 | + | Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan baik dalam membedakan benda berdasarkan ukurannya melalui penggunaan game edukasi kidlo toddler games | |||||
11 | + | Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan ukurannya setelah di ajarkan guru melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
12 | + | Anak mudah membedakan benda berdasarkan ukuran melalui penggunaan game edukasi kidlo toddler games | |||||
13 | - | Melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan ukurannya karena anak kurang bersemangat dalam pembelajaran | |||||
14 | + | Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan optimal dalam mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan diriny | |||||
15 | + | Anak mampu mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya setelah diberikan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
16 | - | Anak belum mampu mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya setelah diberikan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
17 | + | Anak mampu mengelompokkan benda kedalam kelompok yang sama dengan benar setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
18 | - | Melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games anak belum mampu mengelompokkan benda kedalam kelompok yang sama karena anak tidak memperhatikan saat guru menjelaskan | |||||
19 | + | Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan baik dalam mempasangkan gambar | |||||
20 | + | Anak mampu mengelompokkan benda sesuai dengan pasangannya secara tepat karena anak memperhatikan saat guru menjelaskan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
21 | - | Anak belum mampu mengelompokkan benda sesuai dengan pasangannya dengan benar karena anak tidak memperhatikan saat guru menjelaskan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
22 | + | Anak mampu mengenal pola AB-AB dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
23 | - | Anak belum mampu mengenal pola AB-AB dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
24 | + | Anak mampu mengenal pola ABC-ABC dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
25 | - | Anak belum mampu mengenal pola ABC-ABC dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo | |||||
26 | + | Anak mampu mengurutkan benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
27 | + | Anak mudah menjelaskan penyampaian ukuran benda dengan ukuran terbesar hingga ukuran terkecil melalui media game edukasi kidlo toddler games | |||||
28 | - | Anak belum mampu mengurutkan benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan | |||||
29 | + | Melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games anak mampu mengurutkan benda dari ukuran terbesar hingga ukuran terkecil | |||||
30 | + | Anak mampu menyebutkan ukuran benda dari ukuran terbesar hingga ukuran terkecil secara berurutan melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
31 | + | Anak mampu menyebutkan ukuran benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar secara berurutan melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
32 | - | Anak belum mampu mengurutkan benda dari ukuran terbesar hingga ukuran terkecil melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan saat guru menjelaskan | |||||
33 | + | Anak mampu mengurutkan benda berdasarkan warna setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games | |||||
34 | + | Anak dapat menyusun balok berdasarkan ukuran dari ukuran terpanjang ke ukuran terpendek setelah belajar melalui penggunaan game edukasi kidlo toddler games | |||||
35 | - | Anak belum mampu mengurutkan benda berdasarkan warna setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung |