Diperbarui tanggal 25/04/2024

Lembar Observasi Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun

kategori Instrument Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini / tanggal diterbitkan 24 April 2024 / dikunjungi: 172 kali

ANGKET OBSERVASI KEMAMPUAN BERPIKIT LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI GAME EDUKASI KIDLO TODDLER GAMES

A. Identitas anak

Nama Anak :
Umur :
Kelas :
Jenis kelamin : Perempuan/ Laki-laki
Nama guru Kelas :
Tanggal pengisian :

II. Petunjuk Pengisian

  1. Angket ini dibuat untuk menganalisis indikator kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun, dalam angket ini tidak ada jawaban yang benar atau salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan anak yang sebenarnya.
  2. Berikan tanda (?) pada pertanyaan sesuai dengan keadaan anak
  3. Jawablah dengan cermat setiap poin yang ditanyakan dan jawablah dengan jujur.

Untuk pertanyaan positif (+)

SS : Sangat Setuju = 5 SS
S : Setuju = 4
KS : Kurang Setuju = 3
TS : Tidak Setuju = 2
STS : Sangat Tidak Setuju = 1

Untuk pertanyaan negatif (-)
SS : Sangat Setuju = 1
S : Setuju = 2
KS : Kurang Setuju = 3
TS : Tidak Setuju = 4
STS : Sangat Tidak Setuju = 5

No+/-PertanyaanJawaban
12345
1+Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan fungsinya secara tepat setelah diberikan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
2+Anak mampu membedakan benda berdasarkan fungsinya dengan benar melalui media game edukasi kidlo toddler games     
3-Anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan fungsinya dengan tepat setelah diberikan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak kurang memperhatikan saat guru menjelaskan     
4+Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan     
5+Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan optimal dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya     
6-Anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan     
7+Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan warnanya setelah di ajarkan guru melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
8+Anak dapat membedakan benda berdasarkan warna melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
9-Anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan warnanya setelah di ajarkan guru melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak kurang bersemangat saat pembelajaran     
10+Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan baik dalam membedakan benda berdasarkan ukurannya melalui penggunaan game edukasi kidlo toddler games     
11+Anak mampu mengelompokkan benda berdasarkan ukurannya setelah di ajarkan guru melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
12+Anak mudah membedakan benda berdasarkan ukuran melalui penggunaan game edukasi kidlo toddler games     
13-Melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan ukurannya karena anak kurang bersemangat dalam pembelajaran     
14+Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan optimal dalam mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan diriny     
15+Anak mampu mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya setelah diberikan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan     
16-Anak belum mampu mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya setelah diberikan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan     
17+Anak mampu mengelompokkan benda kedalam kelompok yang sama dengan benar setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games     
18-Melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games anak belum mampu mengelompokkan benda kedalam kelompok yang sama karena anak tidak memperhatikan saat guru menjelaskan     
19+Kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan baik dalam mempasangkan gambar     
20+Anak mampu mengelompokkan benda sesuai dengan pasangannya secara tepat karena anak memperhatikan saat guru menjelaskan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
21-Anak belum mampu mengelompokkan benda sesuai dengan pasangannya dengan benar karena anak tidak memperhatikan saat guru menjelaskan penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
22+Anak mampu mengenal pola AB-AB dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan     
23-Anak belum mampu mengenal pola AB-AB dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan     
24+Anak mampu mengenal pola ABC-ABC dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo toddler games karena anak selalu memperhatikan guru saat menjelaskan     
25-Anak belum mampu mengenal pola ABC-ABC dan mengulanginya setelah menggunakan media game edukasi kidlo     
26+Anak mampu mengurutkan benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
27+Anak mudah menjelaskan penyampaian ukuran benda dengan ukuran terbesar hingga ukuran terkecil melalui media game edukasi kidlo toddler games     
28-Anak belum mampu mengurutkan benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan guru saat menjelaskan     
29+Melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games anak mampu mengurutkan benda dari ukuran terbesar hingga ukuran terkecil     
30+Anak mampu menyebutkan ukuran benda dari ukuran terbesar hingga ukuran terkecil secara berurutan melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
31+Anak mampu menyebutkan ukuran benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar secara berurutan melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
32-Anak belum mampu mengurutkan benda dari ukuran terbesar hingga ukuran terkecil melalui penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak tidak memperhatikan saat guru menjelaskan     
33+Anak mampu mengurutkan benda berdasarkan warna setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games     
34+Anak dapat menyusun balok berdasarkan ukuran dari ukuran terpanjang ke ukuran terpendek setelah belajar melalui penggunaan game edukasi kidlo toddler games     
35-Anak belum mampu mengurutkan benda berdasarkan warna setelah penggunaan media game edukasi kidlo toddler games karena anak kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung