Diperbarui tanggal 2/05/2024

Lembar Observasi Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik Siswa Anak Usia Dini

kategori Instrument Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini / tanggal diterbitkan 1 Mei 2024 / dikunjungi: 335 kali

LEMBAR OBSERVASI ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK SISWA ANAK USIA DINI

A. Identitas Siswa

Nama :

Kelas :

B. Petunjuk Pengisian

  1. Angket ini di buat untuk menganalisis indikator gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik usia 5-6 tahun, dalam angket ini tidak ada jawaban benar atau salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan anak sebenarnya.
  2. Berikan tanda (√) pada pertanyaan Selalu (4), Sering (3), Kadang-kadang (2), Jarang (1), Tidak Pernah (0). Jika pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan anak
No+/-PertanyaanPenilaian
SLSKJTP
43210
A.GAYA BELAJAR VISUAL     
1+Anak mampu meletakkan benda secara rapi tanpa bantuan guru.     
2-Anak kurang mampu dalam meletakkan benda secara rapi walaupun sudah diarahkan guru.     
3+Anak mampu menyusun benda sesuai dengan jenisnya dengan tepat.     
4+Anak mampu meletakkan benda secara teratur tanap bantuan guru.     
5+Anak mampu menempatkan berbagai benda secara teratur dengan baik.     
6+Anak mampu menjawab dengan singkat saat guru bertanya dengan menunjukkan benda.     
7+Anak mampu menjawab pertanyaan guru dengan cepat ketika ditunjukkan sesuatu.     
8+Anak mampu mengeja dengan menyebutkan kata-kata dengan baik     
9-Anak kurang mampu dalam mengeja kalimat sederhana.     
10+Konsentrasi anak tidak terganggu dengan suara keributan.     
11+Anak lebih suka membaca sendiri daripada dibacakan guru.     
12+Anak lebih tertarik dengan benda 3D dibandingkan dengan musik     
13-Anak terlihat kurang suka dengan permainan 3D     
B.GAYA BELAJAR AUDITORI     
1+Anak mudah terganggu konsentrasinya ketika terdapat suara keributan     
2+Anak terlihat kurang fokus ketika baru saja mendengar suara.     
3+Anak mampu mengulang kembali lagu yang didengan dengan cepat     
4-Anak kurang senang mendengarka lagu     
5+Anak lebih senang mengeja nama sendiri debandingkan menuliskannya     
6+Anak terlihat bersemangat ketika mengeja     
7+Anak dapat menyebutkan kata-kata sendiri dengan suara nyaring     
8+Anak lebih suka mendengarkan cerita dibandingkan dengan buku cerita     
9-Anak terlihat diam ketika guru bercerita     
10+Anak senang berkata-kata sambil tertawa-tawa     
C.GAYA BELAJAR KINESTIK     
1+Anak mampu berbicara dengan efektif ketika guru mengajak bercerita     
2+Anak mampu berbicara yang mudah dimengerti oleh guru     
3+Anak suka memegang tangan guru untuk mendapatkan perhatian     
4-Anak terlihat ragu untuk mendapatkan perhatian guru     
5+Anak mampu melakukan kegiatan yang melibatkan banyak gerakan fisik     
7+Anak terlihat menyukai untuk melakukan banyak gerak     
8+Anak mampu mengingat sesuatu kegiatan dengan berjalan     
9+Anak mampu mengingat dengan melihat sambil berjalan     
10+Anak terlihat membaca dengan menggunakan jarinya     
11-Anak terlihat tidak menggunakan jarinya ketika menunjukkan tulisan     
12+Anak terlihat banyak melakukan kegiatan yang melibatan aktivitas fisik