Diperbarui tanggal 2/05/2024
Lembar Observasi Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik Siswa Anak Usia Dini
LEMBAR OBSERVASI ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK SISWA ANAK USIA DINI
A. Identitas Siswa
Nama :
Kelas :
B. Petunjuk Pengisian
- Angket ini di buat untuk menganalisis indikator gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik usia 5-6 tahun, dalam angket ini tidak ada jawaban benar atau salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan anak sebenarnya.
- Berikan tanda (√) pada pertanyaan Selalu (4), Sering (3), Kadang-kadang (2), Jarang (1), Tidak Pernah (0). Jika pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan anak
No | +/- | Pertanyaan | Penilaian | ||||
SL | S | K | J | TP | |||
4 | 3 | 2 | 1 | 0 | |||
A. | GAYA BELAJAR VISUAL | ||||||
1 | + | Anak mampu meletakkan benda secara rapi tanpa bantuan guru. | |||||
2 | - | Anak kurang mampu dalam meletakkan benda secara rapi walaupun sudah diarahkan guru. | |||||
3 | + | Anak mampu menyusun benda sesuai dengan jenisnya dengan tepat. | |||||
4 | + | Anak mampu meletakkan benda secara teratur tanap bantuan guru. | |||||
5 | + | Anak mampu menempatkan berbagai benda secara teratur dengan baik. | |||||
6 | + | Anak mampu menjawab dengan singkat saat guru bertanya dengan menunjukkan benda. | |||||
7 | + | Anak mampu menjawab pertanyaan guru dengan cepat ketika ditunjukkan sesuatu. | |||||
8 | + | Anak mampu mengeja dengan menyebutkan kata-kata dengan baik | |||||
9 | - | Anak kurang mampu dalam mengeja kalimat sederhana. | |||||
10 | + | Konsentrasi anak tidak terganggu dengan suara keributan. | |||||
11 | + | Anak lebih suka membaca sendiri daripada dibacakan guru. | |||||
12 | + | Anak lebih tertarik dengan benda 3D dibandingkan dengan musik | |||||
13 | - | Anak terlihat kurang suka dengan permainan 3D | |||||
B. | GAYA BELAJAR AUDITORI | ||||||
1 | + | Anak mudah terganggu konsentrasinya ketika terdapat suara keributan | |||||
2 | + | Anak terlihat kurang fokus ketika baru saja mendengar suara. | |||||
3 | + | Anak mampu mengulang kembali lagu yang didengan dengan cepat | |||||
4 | - | Anak kurang senang mendengarka lagu | |||||
5 | + | Anak lebih senang mengeja nama sendiri debandingkan menuliskannya | |||||
6 | + | Anak terlihat bersemangat ketika mengeja | |||||
7 | + | Anak dapat menyebutkan kata-kata sendiri dengan suara nyaring | |||||
8 | + | Anak lebih suka mendengarkan cerita dibandingkan dengan buku cerita | |||||
9 | - | Anak terlihat diam ketika guru bercerita | |||||
10 | + | Anak senang berkata-kata sambil tertawa-tawa | |||||
C. | GAYA BELAJAR KINESTIK | ||||||
1 | + | Anak mampu berbicara dengan efektif ketika guru mengajak bercerita | |||||
2 | + | Anak mampu berbicara yang mudah dimengerti oleh guru | |||||
3 | + | Anak suka memegang tangan guru untuk mendapatkan perhatian | |||||
4 | - | Anak terlihat ragu untuk mendapatkan perhatian guru | |||||
5 | + | Anak mampu melakukan kegiatan yang melibatkan banyak gerakan fisik | |||||
7 | + | Anak terlihat menyukai untuk melakukan banyak gerak | |||||
8 | + | Anak mampu mengingat sesuatu kegiatan dengan berjalan | |||||
9 | + | Anak mampu mengingat dengan melihat sambil berjalan | |||||
10 | + | Anak terlihat membaca dengan menggunakan jarinya | |||||
11 | - | Anak terlihat tidak menggunakan jarinya ketika menunjukkan tulisan | |||||
12 | + | Anak terlihat banyak melakukan kegiatan yang melibatan aktivitas fisik |