No | Indikator | Prilaku yang diamati | 1 | 2 | 3 | 4 | Rubrik Penilaian |
1 | Bermain dengan teman sebaya | Anak mampu bermain peran dengan teman sebaya | | | | | - Jika anak belum mampu belajar bermain dengan teman sebaya
- Jika anak mulai mampu bermain dengan teman sebaya sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu bermain dengan teman sebaya sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu bermain dengan teman sebaya dengan sangat baik pada saat proses bermain peran
|
2 | Mengetahui perasaan teman dan merespon secara wajar | Anak mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya | | | | | - Jika anak belum mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya
- Jika anak mulai mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya dengan sangat baik pada saat proses bermain peran
|
3 | Berbagi dengan orang lain | Anak mampu berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya | | | | | - Jika anak belum mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya
- Jika anak mulai mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya dengan sangat baik pada saat proses bermain peran
|
4 | Menghargai karya orang lain | Anak mampu menghargai karya teman saat bermain peran | | | | | - Jika anak belum mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran
- Jika anak mulai mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran dengan sangat baik
|
5 | Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah) | Anak mampu menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran | | | | | - Jika anak belum mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran
- Jika anak mulai mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran dengan sangat baik
|
6 | Bersikap kooperatif | Anak mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran | | | | | - Jika anak belum mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran
- Jika anak mulai mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran dengan sangat baik
|
7 | Menunjukkan sikap toleran | Anak mampu memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran | | | | | - Jika anak belum mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran
- Jika anak mulai mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran dengan sangat baik
|
8 | Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada | Anak mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing | | | | | - Jika anak belum mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing
- Jika anak mulai mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing dengan sangat baik saat proses bermain peran
|
9 | Mengenal tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat | Anak mampu mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran | | | | | - Jika anak belum mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran
- Jika anak mulai mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
- Jika anak sudah mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran dengan sangat baik
|