Diperbarui tanggal 24/04/2024

Lembar Observasi Kemampuan Prilaku Proposional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran

kategori Instrument Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini / tanggal diterbitkan 23 April 2024 / dikunjungi: 216 kali

Lembar Observasi Kemampuan Prilaku Proposional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran

Kisi-kisi Observasi Perilaku Prosial Anak Usia 5-6 Tahun (Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014)

NoIndikatorPrilaku yang diamati1234Rubrik Penilaian
1Bermain dengan teman sebayaAnak mampu bermain peran dengan teman sebaya    
  1. Jika anak belum mampu belajar bermain dengan teman sebaya
  2. Jika anak mulai mampu bermain dengan teman sebaya sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu bermain dengan teman sebaya sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu bermain dengan teman sebaya dengan sangat baik pada saat proses bermain peran
2Mengetahui perasaan teman dan merespon secara wajarAnak mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya    
  1. Jika anak belum mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya
  2. Jika anak mulai mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu menghibur teman dan menunjukan sikap kasih sayang keteman sebaya dengan sangat baik pada saat proses bermain peran
3Berbagi dengan orang lainAnak mampu berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya    
  1. Jika anak belum mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya
  2. Jika anak mulai mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu belajar berbagi alat permainan yang digunakan saat melakukan kegiatan bermain peran keteman sebaya dengan sangat baik pada saat proses bermain peran
4Menghargai karya orang lainAnak mampu menghargai karya teman saat bermain peran    
  1. Jika anak belum mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran
  2. Jika anak mulai mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu belajar menghargai karya teman saat bermain peran dengan sangat baik
5Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah)Anak mampu menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran    
  1. Jika anak belum mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran
  2. Jika anak mulai mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu belajar menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah dalam kegiatan bermain peran dengan sangat baik
6Bersikap kooperatifAnak mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran    
  1. Jika anak belum mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran
  2. Jika anak mulai mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu bekerja sama dalam melakukan kegiatan bermain peran dengan sangat baik
7Menunjukkan sikap toleranAnak mampu memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran    
  1. Jika anak belum mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran
  2. Jika anak mulai mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu belajar memahami tugas-tugas dari profesi dalam kegiatan bermain peran dengan sangat baik
8Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang adaAnak mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing    
  1. Jika anak belum mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing
  2. Jika anak mulai mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu mengekspresikan emosi sesuai perannya masing-masing dengan sangat baik saat proses bermain peran
9Mengenal tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempatAnak mampu mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran    
  1. Jika anak belum mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran
  2. Jika anak mulai mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran sesuai yang ditetapkan guru
  3. Jika anak sudah mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran sesuai yang diharapkan guru
  4. Jika anak sudah mampu belajar mengatakan “maaf’ dan “tolong” dalam kegiatan bermain peran dengan sangat baik