Diperbarui tanggal 2/01/2023

Pajak Reklame

kategori Ilmu Perpajakan / tanggal diterbitkan 2 Januari 2023 / dikunjungi: 440 kali

Pajak Reklame

Pajak reklame adalah pajak atas penyelenggaraan reklame. Reklame adalah benda, alat, atau perbuatan, atau media yang bentuk dan corak ragamnya dirancang untuk tujuan komersial, memperkenalkan, mengajukan, mempromosi, atau untuk menarik perhatian umum terhadap barang, jasa, orang, atau badan, yang dapat dilihat, dibaca, didengar, dirasakan, dan dinikati oleh umum.

Macam-Macam Pajak Reklame

Berdasarkan peraturan pajak daerah kabupaten jember nomor 05 tahun 2011, disebutkan macam-macam reklame sebagai berikut:

  1. Reklame Papan atau Billboard adalah reklame yang bersifat tetap (tidak dapat dipindahkan) terbuat dari papan, kayu, seng timplate, collibrite, vynil, alumunium, fiberglas, kaca, batu, tembok atau beton, logam, atau bahan lain sejenis dipasang pada tempat yang disediakan (berdiri sendiri), atau digantung atau ditempel (mural) atau dibuat pada bangunan tembok, dinding, pagar, tiang, dan sebagainya baik bersinar,disinari maupun yang tidak bersinar.
  2. Reklame Megatron adalah reklame yang bersifat tetap (tidak dapat dipindahkan) menggunakan layar monitor maupun tidak, berupa gambar dan tulisan yang dapat berubah-ubah, terprogram dan menggunakan tenaga listrik. Termasuk didalamnya vidiotron dan electronic display.
  3. Reklame Baliho adalah reklame yang terbuat dari papan kayu atau bahan lain yang dipasang pada konstruksi yang tidak permanen dan tujuan materinya mempromosikan suatu eventatau kegiatan bersifat isidentil.
  4. Reklame Kain adalah yang tujuan materinya jangka pendek atau mempromosikan suatu even atau kegiatan yang bersifat isidentil dengan menggunakan bahan kain termasuk plastic atau bahan lain yang sejenis termasuk didalamnya spanduk, umbul-umbul, bendera, flag chain (rangkaian bedera), tenda, krey, banner, giant banner, dan standing banner.
  5. Reklame Melekat atau Stiker adalah reklame yang berbentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara ditempelkan, dilekatkan, dipasang atau digantung pada suatu benda.
  6. Reklame Selebaran adalah reklame yang berbentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara disebarkan, diberikan atu dapat diminta dengan ditentukan tidak untuk ditempelkan,dilekatkan, dipasang, digantung pada suatu benda lain termasuk didalam brosur, leafleat, dan reklame dalam undangan.
  7. Reklame berjalan adalah reklame yang ditempatkan pada kendaraan atau benda yang dapat bergerak yang diselenggarakan dengan menggunakan kendaraan atau dengan cara dibawa/didorong ditarik oleh orang. Termasuk didalamnya reklame gerobak/rombongan,kendaraan baik bermotor ataupun tidak.
  8. Reklame udara adalah reklame yang diselenggarakan di udara dengan menggunakan balon, gas, laser, pesawat ,atau lain sebagainya.
  9. Reklame apung adalah reklame isidentil yang diselenggarakan dipermukaan air atau diatas permukaan air.
  10. Reklame suara adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan atau dengan suara yang ditimbulkan atau dari perantaraan alat.
  11. Reklame film atau slide adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan klise(celluloide) berupa kaca atau film, atau bahan-bahan lain yang sejenis.
  12.  Reklame peragaan adalah reklame yang diselenggarakan dengan memperagakan suatu barag dengan atau tanpa disertai suara.
  13. Reklame megatron adalah reklame megatron dan reklame yang luas bidang 8m² kebawah diselenggarakan dilokasi persil atau reklame megatron dan reklame papan yang diselenggarakan dilokasi bukan persil.
  14. Reklame terbatas adalah reklame megatron dan reklame papan yang luas bidang lebih dari 8m² kebawah yang diselenggarakan dilokasi persil atau reklame megantron dan reklame papan yang diselenggarakan dilokasi bukan persil.
  15. Reklame isidentil adalah reklame baliho, kain, reklame peragaan, reklame selebaran, reklame melekat, reklame film, reklame udara, reklame apung, reklame udara.
  16. Reklame Papan Merk adalah salah suatu reklame produk / periklanan yang diselenggarakan dengan mengggunakan bahan plastik, kayu, besi, alumunium , seng plat atau bahan lain yang sejenis dipasang dengan mencantumkan nama usaha tempat pemasangan.
  17. Reklame bando adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan besi, alumunium, seng plat atau bahan lain yang sejenis dipasang dengan menggunakan konstruksi yang melintang pada badan jalan.
  18. Reklame Billboard adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan plastik, fiber glass, besi, alumunium, seng plat atau bahan lain yang sejenis dipasang dengan menggunakan konstruksi pada tempat yang disediakan baik berdiri sendiri / bertiang atau ditempelkan pada benda lain.
  19. Reklame megatron adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan fiber glass, besi, alumunium atau bahan lain yang sejenis ditambahkan dengan peralatan mekanikelektronik dipasang dengan menggunakan konstruksi pada tempat yang disediakan baik yang berdiri sendiri / bertiang atau ditempelkan pada bangunan.
  20. Reklame Neon Sign dan Neon Box adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan plastik, fiber glass, besi, alumunium atau bahan lain yang sejenis ditambahkan dengan lampu pencahayaan / bersinar dipasang dengan menggunakan konstruksi pada tempat yang disediakan baik berdiri sediri / bertiang atau ditempelkan pada bangunan.
  21. Reklame Kain adalah reklame berbentuk spanduk, umbul-umbul, baliho, vertical, banner, layar toko dan sejenisnya yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan kain , karet, plastic atau bahan lain yang sejenis dipasang pada tempat yang disediakan atau pada tempatnya atau tempat tertantu.
  22. Reklame Branding adalah reklame yang diselenggarakan dalam bentuk pemasangan atau pengecatan pada gerobak dan kios-kios / outlet dan sejenisnya.
  23. Reklame Melekat adalah reklame dalam bentuk stiker, poster dan sejenisnya berbentuk lembaran lepas dengan menggunakan bahan kertas atau plastic yang dipasang dengan cara ditempelkan, diletakkan atau digantungka pad benda lain.
  24. Reklame Kendaraan adlah reklame yang diselenggarakan dengan cara ditempelkan atau ditempatkan pada kendaraan.
  25. Reklame Selebaran adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara disebarkan, diberi atau dapat diminta dengan ketentuan tidak untuk ditempelkan atau tidak diletakkan pada benda lain.
  26. Reklame Peragaan atau Promosi adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara memperlihatkan, mempertujukan sesuatu barang dan benda untuk dipromosikan.
  27. Reklame Udara adalah reklame yang diselenggarakan dengan balon gas / udara, pesawat atau alat lain yang sejenisna.
  28. Reklame Apung adalah reklame yang diselenggarakan berupa gambar, lukisan dan atau tulisan yang dipasang pada suatu alat dan benda yang berada dipermukan air.
  29. Reklame Suara adalah reklame yang diselanggarakan dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan atau dengan suara yang ditumbulkan dari oleh perantaraan alat.
  30. Reklame Film / Slide adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara menggunakan Klise (Celluloide) berupa kaca atau film, atau bahan lain yang sejenis, sebagai alat untuk diproyeksikan dan / atau dipancarkan pada layar atau benda lain didalam atau diluar ruangan.

Objek Pajak dan Subjek Pajak Reklame

Objek dan subjek pajak reklame adalah sebagain berikut:

  1. Objek pajak reklame adalah semua penyelenggaraan reklame.
  2. Subjek pajak reklame adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan reklame.
  3. Wajib pajak adalah orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan reklame.
  4. Yang tidak termasuk sebagai objek pajak reklame adalah:
    1. Penyelenggaraan reklame melalui internet, televisi, radio, warta harian, warta mingguan,warta bulanan, dan sejenisnya.
    2. Label/merk produk yang melekat pada barang yang diperdagangkan, yang berfungsi untuk membedakan dari produk jenis lainnya.
    3. Nama penggenal usaha atau provesi yang diselenggarakan sesuai dengan ketentuan yang mengatur nama pengenal usaha atau provesi tersebut.
    4. Reklame yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, perwakilan diplomatic, perwakilan konsulat, perwakilan persatuan bangsa-bangsa serta badan/lembaga yang bernaung dibawahnya.
    5. Reklame yang diselenggarakan semata-mata memuat nama tempat ibadah dan tempat panti asuhan.
    6. Reklame yang diselenggarakan untuk kegiatan sosial, partai politik dan organisasi kemasyarakatan.

Dasar Pengenaan Tarif Pajak

Tarif pengenaan pajak reklame ditetapkan 25% (dua puluh lima persen) dijelaskan sebagai berikut:

  1. Dasar pengenaan pajak adalah nilai sewa reklame.
  2. Nilai sewa reklame dihitung berdasarkan penjumlahan nilai jual objek pajak reklame dan nilai strategi penyelenggaraan reklame.