Diperbarui tanggal 1/07/2016

Tipe Data dalam Javascript

kategori Javascript / tanggal diterbitkan 29 Juni 2016 / dikunjungi: 4.44rb kali

Tipe data yang dapat diproses dalam javascript dapat dibedakan menjadi

Numerik

Data numerik adalah data berupa bilangan atau angka yang dapat dikenai operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Data numerik terdiri atas data bilangan bulat (integer) dan pecahan (float) yang dikenal dengan bilangan desimal. Contoh bilangan bulat: 1, 2, 3, 10, ... Contoh bilangan pecahan atau desimal 2.8, 4.7, 999.9. Pada bilangan pecahan tanda titik digunakan untuk titik desimal (pemisah antara bilangan bulat dan pecahanya). Bilangan bulat tersebut merupakan bilangan dengan dasar 10. Dalam pemrograman komputer, kita mengenal sistem bilangan delapan (oktal) dan enam belas (heksadesimal). Kita dapat menyatakan suatu bilangan dengan sistem bilangan nondesimal dengan menyebut kode untuk sistem bilangan yang diinginkan.

Sistem Bilangan Kode Contoh
Desimal bilangan bulat biasa 7
Oktal diawali dengan 0 07
Heksadesimal diawali dengan 0x 0x7

 

String

String adalah semua data berupa huruf, tanda baca, angka, atau gabungan dari ketiganya. Data string dikenal sebagai data rangkaian karakter yang terjalin sebagai satu kesatuan. Dalam dunia praktis terkadang data string adalah data karakter.

Data angka string dibedakan dengan data angka numeri berdasarkan penulisannya. Data string selalu ditulis dengan diapit dengan tanda kutip ataupun tanda petik. Contoh data string "Jambi", "124", "Jambi 18".

 

Boolean

Data boolean merupakan data yang terdiri dari dua nilai, benar atau salah. Benar dinyatakan dengan true dan salah dinyataka dengan false. Pada javascript data dinyatakan benar/true jika bernilai bukan nol, dan disebut salah/false jika bernilai nol.

 

Date

Data date adalah data untuk menyatakan waktu. contoh 2012-01-30, 2012-01-30 10:00:12

 

Objec

Tipe data abjec adalah tipe data yang mendefinisikan suatu objec. Pada dasarnya semua tipe data adalah objec. Pada umumnya data objec akan digunakan untuk fungsi dan objec secara khusus.

 

RegExp

Tipe data RegExp digunakan untuk mendefinisikan pola atau regular expression (regex).

 

null dan Undefined

Tipe data null dan undefined merupan tipe data khusus. null digunakan untuk data kosong. Sedangkan Undefined digunakan untuk menyatakan data yang belum didefinisikan.