Diperbarui tanggal 2/07/2016

Pengulangan While pada Javascript

kategori Javascript / tanggal diterbitkan 1 Juli 2016 / dikunjungi: 7.56rb kali

Pengulangan while  digunakan untuk melakukan pengulangan suatu kelompok perintah berdsarkan suatu kondisi, dengan pemeriksaan dilakukan diawal bagian pengulangan. Pengulangan akan terus dilakukan selama pemeriksaan kondisi adalah benar, dan akan berhenti jika kondisi salah.

Agar suatu blok perintah yang akan diulang dapat dikerjakan, maka programer harus membuat perintah sebelum pemeriksaan while dilakukan. Didalam block perintah yang diulang, harus ada perintah yang dapat membuat perubahan nilai terhadap variabel yang diperiksa kondisinya, agar proses pengulangan dapat berakhir. Perhatikan contoh pengulangan sebagai berikut:

var a=1

while(a<=4){
  document.write("ini blok ke "+a)
  a++
}

Contoh diatas akan menghasilkan

Pada script diatas programer pertama kali mendefinisikan variabel a dengan nilai 1, kemudian dilakukan pengulangan dengan while. Proses pengulangan akan dilakukan jika nilai a lebih kecil atau sama dengan 4, jika nilai a lebih besar dari 4 maka proses pengulangan tidak akan dilakukan. Agar proses pengulangan tidak berlangsung terus menerus maka setiap kali pengulangan maka nilai a akan ditambahkan dengan 1 sehingga pada pengulangan keempat variabel a akan bernilai 5 sehinga kondisi a lebih kecil atau sama dengan 4 sebagai syarat dilakukan pengulangan sudah tidak terpenuhi, atau bernilai false, sehingga pengulangan akan dihentikan.

Berikut contoh lengkap penggunaan while. Klik Disini untuk mendownload