Diperbarui tanggal 1/07/2016

Aturan Dasar Pemrograman Javascript

author/editor: Edi Elisa / kategori Javascript / tanggal diterbitkan 29 Juni 2016 / dikunjungi: 2.76rb kali

Case Sensitive

Bahasa pemrograman javascript menerapkan aturan case sensitive, yaitu membedakan antara huruf besar dan huruf kecil yang ada dalam kode program. Semua perintah, variabel, dan tipe data yang berkaitan dengan aturan dan pendefinisian dari interpreter javascript harus ditulis sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan interpreter. Sebagai contoh yaitu nama perintah harus ditulis dengan huruf kecil, apabila seorang programer menulis dengan huruf besar atau mengandung huruf besar maka perintah tersebut tidak akan dikenali.

Berikut contoh penulisan yang benar:

<script  type="text/javascript">
    document.write("Nama?");
</script>

document.write harus ditulis dengan huruf kecil, jika document.write mengandung huruf besar maka perintah tersebut tidak akan dikenali oleh interpreter.

Penulisan Perintah

Setiap perintah javascript ditulis dalam satu baris tapa perlu diakhiri dengan tanda ; (titik koma). Namun demikian penggunaan titik koma masih diperkenankan walaupun tidak diperlukan.

var nama=document.getElementById("nama")
document.write(nama)

Adakalanya programer menuliskan perintah javascript dalam satu baris. Hal tersebut tetap diizinkan namun setiap perintah harus diakhiri dengan tanda titik koma.

var nama=document.getElementById("nama");document.write(nama);